Berita PKS

PIP PKS Korsel Berhasil Advokasi PMI yang Terkena Penipuan Dana Asuransi

28 Jun 2022 | 07:39 WIB

Share: Facebook Twitter WhatsApp Telegram

thumbnail Ketua PIP PKS Korea Selatan, Aji Teguh (dokpri)

SEOUL -- Pusat Informasi dan Pelayanan Partai Keadilan Sejahtera Korea Selatan (PIP PKS Korea Selatan)  bersama Anggota Komisi IX DPR RI Fraksi PKS Dr Kurniasih Mufidayati dan Anggota DPRD PKS Ponorogo berhasil melakukan advokasi terhadap Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang ingin mendapatkan haknya setelah mengalami penipuan oleh salah satu perusahaan asuransi yang ada di Indonesia.

Awalnya Ketua PIP PKS Korea Selatan, Aji Teguh, menerima laporan secara langsung pengaduan terkait dugaan penipuan yang dialami seorang PMI yang bekerja di Korea Selatan. Budi (nama samaran) menyampaikan dirinya telah ditipu oleh perusahaan asuransi, karena uangnya sebesar lebih dari 100 juta rupiah, yang ingin ia depositokan ternyata dimasukkan ke dalam asuransi oleh oknum perusahaan asuransi.

Menerima laporan ini, segenap struktur PIP PKS Korea Selatan menghubungi Anggota Komisi IX Fraksi PKS yang ada di DPR RI.

“Kami langsung berkomunikasi dengan Bu Kurniasih Mufidayati ada di Komisi IX yang salah satu fungsinya untuk menangani permasalahan pekerja migran,” papar Aji Teguh.

Setelah melewati proses pendampingan keluarga pak Budi yang ada di Ponorogo, Tim Kurniasih Mufidayati bekerja sama dengan Anggota DPRD PKS Ponorogo menindaklanjuti kasus ini di cabang tempat kasus yang bersangkutan.

"Selain itu, dilakukan juga langkah-langkah melakukan pengaduan Mitra di PT ABCDE (nama perusahaan disamarkan), pengaduan ke presiden komisaris PT ABCDE hingga ke jalur kepolisian. Alhamdulillah atas izin Allah selesai dengan baik dan memuaskan, seluruh dana Pak Budi dikembalikan," papar Aji.

Aji menyampaikan Advokasi PMI merupakan bagian dari komitmen PKS dalam menyejahterakan PMI. “Pendampingan kewirausahaan keluarga PMI, advokasi dan pendampingan pengaduan, pembagian masker gratis, menjenguk PMI yang sedang sakit, program tenaga kerja mandiri untuk purna PMI, dan pembangunan Balai Latihan Kerja (BLK) merupakan komitmen PKS untuk terus melayani PMI," kata dia.

Setelah berhasil diadvokasi, Budi mengucapkan terima kasih kepada PKS. Ia mengaku terbantu atas pendampingan yang dilakukan PKS dari Korea, hingga Anggota DPR RI dan DPRD di Ponorogo.

"Saya dan istri mengucapkan banyak terimakasih atas usaha dan bantuan ibu Kurniasih yang telah mengutus anggota partai PKS untuk membantu saya mengambil tabungan saya yang ada di PT ABCDE. Dan Alhamdulillah tabungan saya sudah kembali, terimakasih yang sebesar-besarnya dan semoga Allah membalas kebaikan panjenengan. Aamiin," ujar dia.


Berita Terkait