Berita PKS

Banjir Jember, Relawan PKS Gerak Cepat Dirikan Posko Bencana Hingga Bersihkan Rumah Warga

13 Jan 2022 | 10:05 WIB

Share: Facebook Twitter WhatsApp Telegram

thumbnail

Bencana kembali menimpa warga Jawa Timur, jika sebelumnya warga Lumajang terkena erupsi Gunung Semeru, kini warga Jember diterjang banjir. Dalam waktu kurang dari 24 jam dari bencana, relawan PKS turun membantu warga. 

Hal ini disampaikan oleh Ketua Bidang Kepanduan DPW PKS Jatim, Zainul Arifin. Ia mengungkapkan bahwa relawan PKS yang ada di Jember segera melakukan koordinasi dalam menangani banjir besar yang tiba-tiba menerjang di Kecamatan Kaliwates Jember.

"Begitu mendapat kabar, relawan PKS di Jember langsung berkoordinasi. Yang yang pertama kali dilakukan adalah mendirikan posko bencana dan segera melakukan assessment, mengumpulkan berbagai data dan informasi tentang bencana dan warga terdampak," katanya. 

Dari hasil assessment itu, ia menjelaskan, akan menjadi kajian para relawan prioritas bantuan apa yang diperlukan warga terdampak. 

"Berdasarkan kajian cepat kami, masyarakat membutuhkan makanan siap saji, bantuan bersih-bersih rumah warga dari lumpur dan evakuasi properti warga yang terdampak," tegas Zainal. 

Karenanya, Zainal menyampaikan, selain membuat posko dan assessment, relawan PKS juga sudah terjun ke masarakat untuk membagi makanan siap saji, membersihkan rumah warga dan membantu mengevakuasi properti warga yang masih bisa diselamatkan. 

"In sya Allah, tidak pake lama, dari hasil kajian itu, kami segera turun untuk membantu warga," kata Zainal.

Berdasarkan kajian relawan PKS Jember, ia mengatakan banjir terjadi akibat hujan deras pada Ahad, 9 Januari, mulai pukul 13.00 WIB. Derasnya hujan itu menyebabkan meluapnya Sungai Semangir sekitar pukul 16.30 WIB. 

Sementara daerah yang terdampak ada di Perumahan Mangli Residence dan Bumi Mangli Permai RW 13 – RW 15  Kelurahan Mangli Kecamatan Kaliwates Jember.

Abdul Malik Marzuki, salah satu warga di perumahan Mangli Residence, bercerita bahwa di saat kejadian banjir tiba-tiba datang menerjang. Begitu cepatnya banjir yang datang, iadan warga lainnya tidak sempat menyelamatkan barang-barang.

"Kemarin bada sholat ashar kejadiannya. Air begitu cepat,  kita tidak bisa menyelamatkan barang-barang. Mobil pick up saya kelelep. Air di luar sudah se dada orang dewasa," katanya bercerita. 

Ia kemudian menyampaikan terima kasihnya kepada PKS atas bantuan relawan PKS yang membantunya membersikan rumah dari lumpur yang menggenang. 

"Saya berterima kasih kepada PKS. Saya berterima kasih atas bantuan tenaga dan mesin penyedot air yang dibawa, sangat membantu. Terima kasih," katanya. 

Ketua DPW PKS Jatim Irwan Setiawan menyampaikan apresiasinya kepada para relawan yang sudah bergerak cepat membantu warga yang terdampak. 

"Alhamdulillah, sebagaimana biasanya, temen-temen relawan PKS di daerah gercep. Para anggota relawan PKS. Ini bagian dari perwujudan visi PKS, menjadi partai Islam rahmatan lil alaain yang terdepan melayani rakyat dan NKRI," pungkas Irwan.