Berita PKS

Wujudkan Demokrasi Sehat, Syaikhu: Butuh Partisipasi Seluruh Stakeholder Bangsa

20 Nov 2020 | 21:44 WIB

Share: Facebook Twitter WhatsApp Telegram

thumbnail

Jakarta -- Presiden Partai Keadilan Sejahtera Ahmad Syaikhu menegaskan demokrasi telah menjadi konsensus Republik Indonesia dan harus mampu mendorong kehidupan bangsa ke arah yang lebih baik.

"Untuk mewujudkan demokrasi yang sehat dan substantif tersebut, diperlukan pasrtisipasi aktif seluruh stakeholder bangsa untuk menjaga agar pelaksanaan demokrasi yang berbasiskan nilai-nilai luhur bangsa bisa terus ditingkatkan," tutur Syaikhu dalam acara Webinar Kebangsaan Pra Munas V, Jumat (20/11/2020).

Syaikhu menyampaikan dalam meningkatkan partisipasi aktif dari masyarakat sipil maka diperlukan komitmen, konsistensi, dan persistensi untuk menuntaskan agenda-agenda demokrasi.

"Demokrasi harus memberikan ruang dan peluang yang sama kepada seluruh lapisan masyarakat untuk dapat berpartisipasi aktif, agar rasa keadilan dan rasa kesetaraan bisa terwujud," tambah Syaikhu.

Syaikhu menekankan peran aktif dari masyarakat sipil adalah ruh dari pelaksanaan demokrasi itu sendiri.

"Peran aktif dari masyarakat sipil dalam menjaga pemerintahan dan tugas negara untuk memberikan kesejahteraan bagi masyarakatnya merupakan ruh dari pelaksanaan demokrasi di Indonesia," ucap Syaikhu.

Dalam agenda Webinar Pra Munas tersebut turut hadir sebagai narasumber Wakil Ketua Mejelis Syura Mohamad Sohibul Iman, Wakil Presiden RI ke-10 dan ke-12 Jusuf Kalla, Staff Ahli Sospol Kapolri Irjen Tomsi Tohir, serta Kepala Pusat Penelitian Politik LIPI Firman Noor.