Berita PKS

Syahrul Aidi Perjuangkan Kesejahteraan Pesantren di Senayan

10 Jun 2021 | 16:03 WIB

Share: Facebook Twitter WhatsApp Telegram

thumbnail

Pekanbaru - Pondok pesantren sebagai soko guru pengembangan agama Islam di Indonesia saat ini terus jadi jadi sorotan para wakil rakyat. Salah satunya sorotan itu disampaikan oleh Syahrul Aidi Maazat, anggota Komisi V DPR RI. Dia meminta pemerintah pusat memprioritaskan eksistensi pesantren.

Hal ini disampaikan oleh Syahrul Aidi saat melakukan rapat koordinasi dengan pihak Kementerian PUPR pada Rabu (9/6/2021) di senayan. Salah satu persoalan di pesantren yang beliau sampaikan adalah pengadaan air bersih bagi siswa yang diasramakan.

"Kita apresiasi program pemerintah kepada pesantren melalui sanitasi pesantren. Tapi untuk perlu ketahui, diantara permasalahan krusial di pesantren adalah penyediaan air bersih. Kalau WC-nya kita siapkan, air tidak kita sediakan, padahal ada ribuan pelajar dan guru yang tinggal di asrama pesantren," urai Syahrul Aidi.

Usai rapat tersebut, Syahrul Aidi menjelaskan juga bahwa program Rumah Susun (Rusun) untuk pondok pesantren harus disempurnakan. Bukan saja membangun fisik gedung, namun juga komprehensif hingga pengadaan air bersih, sanitasi yang sempurna dan lainnya.

"Jika pesantren ini tidak kita perhatikan, maka kita khawatirkan kualitas pendidikan tidak akan terjaga. Secara fisik akan membuka peluang daerah kumuh baru terpusat" tambahnya.