Berita PKS

Sohibul: PKS Punya Tanggung Jawab Perbaiki Kualitas Masyarakat Sipil

20 Nov 2020 | 22:59 WIB

Share: Facebook Twitter WhatsApp Telegram

thumbnail

Jakarta -- Wakil Ketua Majelis Syura Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Mohamad Sohibul Iman menyebutkan dalam sebuah negara terdapat 3 institusi besar, yaitu institusi negara, institusi pasar, dan institusi masyarakat sipil (civil society).

"Ketiga institusi ini ternyata memiliki karakteristik yang disebut dengan strategy complentary. Jadi dia saling melengkapi secara strategis. Kalau kita melihat institusi negara tidak baik, maka akan sulit melihat institusi lain lebih baik," tutur Sohibul dalam acara Webinar Kebangsaan Pra Munas PKS ke V, Jumat (20/11/2020).

Menurut Sohibul PKS sebagai partai politik memiliki tanggung jawab yang besar dalam perbaikan institusi masyarakat sipil, terlebih perannya dalam pemerintahan sebagai oposisi.

"PKS yang pada hari ini di DPR menjadi bagian dari negara, tetapi selebihnya kita berada di luar pemerintahan. Di satu sisi kita melakukan perbaikan lewat aktivitas di parlemen dalam perbaikan negara, tapi di sisi lain PKS punya tanggung jawab melakukan perbaikan kualitas civil society," jelas Sohibul.

Oleh sebab itu Sohibul mengimbau kepada seluruh pengurus PKS juga para anggota yang berada di pusat hingga daerah untuk memerankan tupoksi partai politik dengan baik.

"Nah saya kira ini menjadi tugas kita. Kalau ini bisa dilakukan penguatan civil society ini bukan sesuatu yang mustahil. Nanti berbarengan juga institusi negara dan institusi pasar mengalami perbaikan. Jadi kita jangan bermimpi hanya memperbaiki salah satunya saja," pesan Sohibul.


Berita Terkait