Berita PKS

Lolos Caleg, Warga Papua Ajak PKS Lanny Jaya Pesta Adat

17 Dec 2018 | 13:45 WIB

Share: Facebook Twitter WhatsApp Telegram

thumbnail Ketua DSW PKS Papua, Maddu Mallu (kiri) bersama para pengurus dan Caleg PKS dalam acara tasyakuran dan pesta adat bakar baru di Lapangan Distrik Melagi, Papua, Rabu (12/12) (dok Humas PKS Papua)

Papua (17/12) -- Dalam rangka mensyukuri lolosnya caleg Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dalam Daftar Caleg Tetap (DCT) yang telah ditetapkan KPUD, pengurus dan kader PKS Kabupaten Lanny Jaya menggelar bakar batu dan pesta adat di Lapangan Distrik Melagi, Papua, Rabu (12/12/2018).

Kegiatan terbuka ini dilaksanakan atas permintaan tokoh adat dan tokoh masyarakat Lanny Jaya yang terletak di pegunungan tengah Papua.

PKS dan masyarakat Papua, khususnya Lanny Jaya telah memiliki hubungan kedekatan yang panjang. Selama dua periode, PKS sukses menempatkan kader terbaiknya di DPRD. Pada pemilu 2009, PKS mendapatkan 3 kursi di DPRD Kabupaten Lanny Jaya. Jumlah ini meningkat pada 2014 menjadi 5 kursi.

Bahkan, Ketua DPD PKS Lanny Jaya Terius Yigibalom terpilih menjadi Ketua DPRD periode 2014-2019. Sedangkan calon yang diusung PKS, Befa Yigibalom juga kembali terpilih sebagai Bupati Kabupaten Lanny Jaya untuk kedua kalinya.

Ketua Dewan Syariah Wilayah (DSW) PKS Papua, Maddu Mallu yang ikut hadir dalam tasyakuran, menyampaikan apreasiasi kepada seluruh elemen masyarakat di Lanny Jaya yang memberikan dukungan luar biasa kepada PKS. Ia berpesan dukungan ini dapat memperkuat pembangunan di Lanny Jaya.

“Saya berpesan kepada masyarakat untuk terus bekerja bersama PKS dalam rangka untuk memperkuat dan menjaga kesinambungan pembangunan di Lanny Jaya ini,” ungkap Maddu.

Untuk mencapai lokasi ini, ungkap Maddu, ia bersama Ketua MPW PKS Papua Suherman harus menempuh perjalanan darat sekitar 3 jam dari Wamena menuju Tiom. Kemudian bersama Ketua DPD PKS Lannya Jaya, rombongan ini melanjutkan perjalanan ke Distrik Melagi selama 40 menit.

Kehadiran para pimpinan PKS dan tokoh ini disambut dengan tarian selamat datang khas Papua dan dilanjutkan pesta adat bakar batu.

Di kesempatan itu, Maddu meminta adanya regenerasi kepemimpinan di Kabupaten Lanny Jaya karena Bupati yang sekarang telah memasuki periode kedua. Ia lalu mengusulkan Ketua DPD PKS Lanny Jaya, Terius Yigibalom untuk mempersiapkan diri sebagai pelanjut estafet kepemimpinan.

Maddu juga menyampaikan bahwa sudah saatnya masyarakat Lanny Jaya untuk mempersiapkan kepemimpinan yang lebih tinggi di Papua, dengan mendorong Bupati Lanny Jaya, Befa Yigibalom maju sebagai calon Gubernur pada Pilkada 2022 mendatang.

Menanggapi hal itu, ungkap Terius, pihaknya optimis memenangkan PKS di Pemilu 2019. Ia dan masyarakatnya, khususnya Lanny Jaya, akan berjuang meningkatkan jumlah kursi PKS di Papua.

“Saya akan berjuang untuk meningkatkan raihan PKS di Pemilu 2019 mendatang, dari Dapil 1 yang meliputi Distrik Tiom dan Distrik Melagi ini kita akan berjuang dari 7 kursi yang tersedia akan kita sabet sebanyak 5 kursi, karena memang masyarakat di dapil ini adalah para pendukung setia PKS selama ini,” ungkap Ketua DPRD Lanny Jaya ini.