Berita PKS

Legislator PKS Ingatkan Kemendag RI, Pelatihan untuk UMKM Harus Berhasil Guna

23 Jun 2022 | 13:19 WIB

Share: Facebook Twitter WhatsApp Telegram

thumbnail

Jakarta - Anggota DPR RI Fraksi PKS dari daerah pemilihan Aceh 1, Rafly mengingatkan Kementerian Perdagangan RI agar bersungguh-sungguh dalam melaksanakan pelatihan bagi pelaku UMKM.

"Dalam kesempatan ini saya ingin menyampaikan bahwa kegiatan pelatihan yang dilakukan oleh Kemendag RI di daerah-daerah harus tertata dengan baik dan berkelanjutan," kata Rafly memulai usulannya.

Rafly menyampaikan usulan tersebut pada acara Forum diskusi grup (FGD) yang dilaksanakan oleh Kemendag RI dengan mengundang anggota DPR RI dari Komisi VI pekan lalu 16 Juni 2022 di Jakarta.

Lebih lanjut Rafly mengatakan bahwa sesuai dengan fakta yang ditemukan di lapangan bahwa program yang disampaikan oleh Wakil Menteri Perdagangan, Jerry Sambuaga dan Dirjen Perjanjian Perdagangan Internasional Djatmiko bahwa UMKM dapat melakukan pinjaman tanpa bunga adalah dongeng belaka.

"Dalam kesempatan ini juga kami menyampaikan bahwa UMKM tetap harus menyiapkan agunan untuk pinjaman yang akan diberikan. Jadi apa yang disampaikan tadi bahwa ada pinjaman tanpa agunan hanyalah dongeng belaka," lanjut Rafly.

Agar dikemudian hari kegiatan pelatihan untuk UMKM yang dilakukan Kemendag RI lebih berhasil guna dan tepat sasaran, Rafly mengusulkan agar Kemendag RI bekerja sama dengan Anggota DPR RI dari dapil yang dilakukan pelatihan.

"Usulan saya, agar Kemendag bisa berkoordinasi dengan Anggota DPR RI dari dapil yang bersangkutan sebelum melakukan pelatihan. Agar pelatihan yang dilakukan lebih tertata dan berkelanjutan," timpal Rafly seraya menutup usulannya.