Berita PKS

Khutbah di Penyengat, Dr Salim Ajak Orang Tua jadi Sosok Teladan bagi Anak

17 Dec 2021 | 15:51 WIB

Share: Facebook Twitter WhatsApp Telegram

thumbnail

TANJUNGPINANG (17/12) - Ketua Majelis Syura Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Dr Salim Segaf Al Jufri mengajak orang tua agar menjadi teladan bagi anak. Hal tersebut agar anak dapat menjadi seperti apa yang diharapkan.

"Kalau anak ingin membaca Al Quran, maka orang tuanya harus membaca Al Quran," kata Salim Segaf dalam khutbahnya di Masjid Sultan Riau Pulau Penyengat.

Ia mengatakan banyak orang tua yang lalai dalam mendidik anaknya. Hingga anak lebih banyak menghabiskan waktu bermain game.

"Rasulullah SAW sudah menyebutkan bahwa anak itu lahir dalam keadaan fitrah. Tergantung orang tuanya menjadikan anak itu Yahudi, Nasrani dan Majusi," katanya.

Salim Segaf juga menceritakan ada seorang ayah yang mengadu ke Umar bin Khattab. Bahwa anaknya durhaka kepadanya.

Dr Salim menjelaskan bahwa kewajiban ayah kepada anak ada tiga yaitu, mencarikan ibu yang shalihah. Kemudian memberikan nama yang baik dan indah. Dan terakhir adalah memberikan pendidikan yang layak bagi anak.

"Anak berkata bahwa ayahnya tidak memberikannya ibu yang solehah, dan tidak memberikan nama yang baik dan aku tidak mendapatkan pendidikan," ujarnya.

Salim Segaf juga mengatakan, bahwa doa seorang anak akan menjadi penolong orang tuanya di akhirat nanti.

"Seseorang meninggal tidak akan putus amalannya yaitu amal jariyah, ilmu bermanfaat dan doa anak soleh solehah. Semoga Allah jadikan kita ayah yang soleh dan ibu yang solehah," katanya.

Usai menjadi khatib, Salim Segaf menyempatkan untuk berkeliling masjid dan berdialog sambil menikmati makan siang khas Melayu yaitu Nasi Dagang.