Berita PKS

Dua Jurus Fajri Atasi Pengangguran di Klaten

16 Oct 2020 | 05:42 WIB

Share: Facebook Twitter WhatsApp Telegram

thumbnail Calon Wakil Bupati Klaten Muhammad Fajri saat mengunjungi salah satu usaha kuliner di Klaten

Klaten (15/10) - Calon Wakil Bupati Klaten Muhammad Fajri membagi dua cara untuk mengurai pengangguran di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah jika terpilih nanti. Yang pertama dengan rencana jangka pendek dan yang kedua menengah panjang.

"Jangka pendek, jika Allah takdirkan kami dilantik adalah membuat program padat karya. Dengan cara semua pembangunan infrastruktur, kita prioritaskan, barangkali bisa diterbitkan peraturan bupati, agar dilakukan hanya rekanan kabupaten dengan tenaga warga kabupaten Klaten," kata Fajri.

Hal tersebut ditegaskan Fajri yang berpasangan dengan One Krisnata yang diusung tiga partai meliputi Demokrat, PKS dan Gerindra itu acara Kupas Kandidat: Jurus Jitu Calon Pemimpin Daerah Atasi Pengangguran, yang diadakan oleh Relawan Persada PKS pada Kamis (15/10/2020).

Politisi PKS ini menekankan, rencana jangka menengah panjang untuk mengatasi pengangguran adalah memberikan stimulus agar perekonomian mikro, kecil dan menengah seperti UKM dan UMKM di Klaten tumbuh.

Pria kelahiran Klaten ini menyebut, di Klaten tidak banyak kategori industri besar atau kawasan industri khusus. Justru UMKM dan UKM yang sangat menonjol di wilayah tersebut.

"Nah peran pemerintah bisa dari sisi. Yang satu dari sisi kebijakan pemerintah. Stimulasi itu bentuknya adalah mempermudah perizinan. Kemudian memberikan beberapa bantuan. Bantuan ini bisa kita bagi menjadi pendampingan ahli, untuk kita lakukan beberapa bimtek sesuai dengan sektor-sektor yang ada di Kabupaten Klaten. Atau juga bantuan-bantuan modal dan fasilitasi untuk promosi dan pemasaran secara online. Praktisnya kita akan membuat sebanyak mungkin titik-titik hotspot wifi di desa-desa sehingga mereka memperoleh kemudahan," kata pasangan calon nomor urut 2 itu.


Berita Terkait