Berita PKS

Ajak Tinjau Lokasi Bencana, Pengungsi: Agar PKS Tau Kondisi Rumah Kami

09 Dec 2021 | 06:32 WIB

Share: Facebook Twitter WhatsApp Telegram

thumbnail

Lumajang -- Ketua DPW Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Jawa Timur Irwan Setiawan berkesempatan bertemu dengan pengungsi bencana erupsi Gunung Semeru di Rumah Anggota Legislatif PKS Hasan, Selasa (07/12/2021).

Kehadiran PKS di lokasi bencana menjadi tumpuan harapan para pengungsi. Bahkan untuk lebih meyakinkan mereka mengajak tim PKS untuk meninjau langsung lokasi rumah yang roboh dan rusak.

"Sekitar pukul 5 pagi, kami (tim dari PKS) meninjau lokasi bencana di Dusun Kajar Kuning dan Curah Kobokan. Ditemani Pak Haryanto yang merupakan salah satu pengungsi, Pak Haryanto," jelas Irwan.

Dalam perjalanan menuju lokasi, nampak suasana dusun dan desa yang sepi tidak berpenghuni. Irwan mengungkapkan warga tidak berani kembali menempati pemukiman.

"Beberapa warga yang saya tanya, tidak berani kembali menempati. Terkait hal ini tentunya harus ada solusi dari pemerintah," ujar Irwan.

Dalam perjalanan pulang, beberapa warga nampak ada yang kembali ke rumah untuk mengecek kondisi rumah. Ada juga yang sekedar mengambil barang-barang pribadi. Beberapa Tim Relawan pun mengingatkan mereka agar warga tetap waspada.

Selepas kembali ke posko, Haryanto beserta keluarga nampak bahagia dan menyampaikan ucapan terima kasih karena tim dan para relawan PKS telah mau mengantar untuk melihat lihat rumahnya yang terkena dampak.

"Saya tidak akan kembali tinggal di sana, semoga ada perhatian dari pemerintah," harap Haryanto.

Itulah salah satu cara menghibur para pengungsi, selain mendengarkan cerita mereka juga menyampaikan kesiapan agar harapan mereka akan didengarkan oleh pemerintah.

Sebelumnya Irwan Setiawan bersama relawan juga mengunjungi lokasi bencana di Desa Sumberwuluh, Sabtu (04/12/2021). Didapati bahwa yang paling krusial adalah bagaimana distribusi bantuan bisa cepat dan tepat.

Gugus Tugas DPW PKS Jatim pun meminta agar gugus tugas daerah, posko induk serta pos lapangan melakukan koordinasi dengan stakeholder dalam hal ini posko bersama.

Dalam kunjungan ini, diserahkan bantuan berupa terpal, masker, popok bayi, beras, selimut.

Selain membantu proses evakuasi, tim PKS juga aktif dalam giat dapur umum, distribusi bantuan, juga giat trauma healing di titik pengungsian terutama untuk ibu ibu dan anak-anak.