Berita PKS

Siswa SMA Katolik Palu Menang Lomba Baca Proklamasi Mirip Suara Bung Karno

14 Aug 2022 | 06:08 WIB

Share: Facebook Twitter WhatsApp Telegram

thumbnail

PALU – Setelah melewati persaingan yang cukup ketat, siswa SMA Katolik Santo Andreas Palu atas nama Tio Tiraly Sambentiro, ditetapkan sebagai pemenang lomba baca teks Proklamasi mirip Bung Karno yang digelar Fraksi PKS DPRD Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng), Sabtu (13/08).

Tio meraih juara I setelah berhasil meraih perolehan nilai 138. Ada empat kriteria yang ditetapkan dewan juri dalam menentukan pemenang, yakni aspek kemiripan vocal dengan bobot penilaian 40, aspek karakter, artikulasi dan penampilan, masing-masing bobot 20.

“Tio meraih poin tertinggi pada aspek kemiripan vocal. Hanya selisih 10 dengan yang runner up, untuk aspek kemiripan vocal,” kata Dr Agustan T Syam, ketua tim juri yang ditemui usai lomba.

Meraih juara I, Tio selain berhak membawa pulang hadiah uang tunai Rp1,5 juta, juga akan mewakili Sulawesi Tengah untuk lomba yang sama di tingkat nasional yang digelar Fraksi PKS DPR-RI.

Kepada Tio, tim juri berpesan agar kembali berlatih dan berulang-ulang menonton video asli pembacaan teks proklamasi Bung Karno.

“Persaingan di tingkat nasional pasti sangat ketat. Olehnya kepada Ananda Tio untuk kembali berlatih, karena masih ada beberapa hari lagi,” tambah anggota dewan juri, Dian Novita Hamid.

Selain Tio, dewan juri menetapkan juara II kepada siswa SMA Karuna Dipa atas nama Rizki yang meraih poin 120. Rizki berhak membawa pulang hadiah uang tunai Rp1 juta. Juara III diraih siswi SMAN 4 Palu, atas nama Rezki Putri Lutviani yang membawa pulang uang tunai Rp750 ribu.

“Untuk juara IV diraih peserta atas nama Moh Arwan dari Madrasah Aliyah Muhammadiyah Palu,” sebut, Dian, anggota dewan juri yang dipercayakan membacakan hasil penilaian. Atas hasil tersebut, Arwan membawa pulang uang tunai Rp500 ribu.

Lomba baca teks proklamasi mirip suara Bung Karno tingkat provinsi Sulawesi Tengah yang digelar Fraksi PKS DPRD Provinsi Sulawesi Tengah diikuti 19 peserta. 15 peserta hadir secara offline, sedangkan 4 peserta yang berasal dari Luwuk, Kabupaten Banggai, mengirimkan videonya.

Ketua Fraksi PKS DPRD Provinsi Sulawesi Tengah, Hj Wiwik Jumatul Rofi’ah, menyampaikan apresiasinya atas partisipasi sekolah yang telah mengirimkan siswanya mengikuti lomba yang digelar Fraksinya.

Menurut Wiwik, lomba baca teks proklamasi mirip suara Bung Karno, diupayakan dapat berkelanjutan dan kembali dilaksanakan tahun depan.

“Saya di acara pembukaan, sudah diskusi dengan pejabat yang mewakili Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sulteng, semoga tahun depan bisa berkolaborasi dengan pemerintah daerah, sehingga lebih luas jangkauannya,” katanya. 


Berita Terkait