Berita PKS

Rofik Hananto: UMKM Tidak Mungkin Tumbuh Besar Tanpa Dukungan Pemerintah

16 Jan 2021 | 19:33 WIB

Share: Facebook Twitter WhatsApp Telegram

thumbnail

Jakarta -- Ketua BPJE DPP Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Rofik Hananto menekankan pertumbuhan UMKM tidak bisa besar tanpa adanya dukungan dari pemerintah.

"UMKM ini menjadi tulang punggung ekonomi meskipun belum mendapatkan tempat yang layak di negeri ini," tutur Rofik dalam Webinar yang bertema UMKM Tulang Punggung Ekonomi Bangsa, Penggerak Ekonomi Rakyat di Masa Pandemi, Sabtu (16/01/2021).

Rofik menilai saat ini pemerintah sudah cukup perannya dalam dukungan kepada UMKM sehingga perlu dimanfaatkan segala bentuk fasilitas yang sudah diberikan.

"Mari kita manfaatkan dengan baik segala fasilitas, segala kebutuhan yang sudah diberikan oleh pemerintah, salah satunya di Kemenkopukm," ucap Rofik.

Terlebih di pemerintahan sendiri ada 20 kementrian yang punya akses untuk dananya melibatkan UMKM, imbuh Rofik.

"Lebih dari 700 triliyun dana-dana APBN itu bisa dipakai untuk menguatkan UMKM," lanjut Rofik.

Rofik menyebutkan kondisi UMKM saat ini adalah adanya excess capital yang berlebih di kota-kota besar sehingga sulit masuk ke ruang produktifitas yang minim dana.

"Jadi padahal desa itu adalah ruang kreatifitas tapi dananya minim. Nah ini mungkin perlu ada gerakan kesana," ujar dia.

Menurut Rofik dengan melakukan redistribusi dana yang berlebih dari kota-kota besar untuk masuk ke ruang-ruang produktifitas di desa-desa maka akan membantu pelaku ekonomi keratif yang banyak bersada di desa.

"Biayanya juga sederhana karena di kampung-kampung sehingga bisa memberikan kesempatan kepada para investor untuk berbagi mendapatkan bagi hasil yang bagus," jelas Rofik.