Berita PKS

Penemuan Bayi Zaskiya, BPMK Depok Desak Perhatian Pemerintah

17 Feb 2016 | 16:08 WIB

Share: Facebook Twitter WhatsApp Telegram

thumbnail

Depok (12/2) -- Kejadian penemuan bayi perempuan dalam keadaan hidup di depan rumah warga Jalan Pemuda, Sawangan Depok, Jumat (12/2) malam mengundang perhatian banyak pihak. Salah satunya adalah anggota DPRD Kota Depok T. Farida Rachmayanti ketika menjenguk Bayi Zaskia di RSUD berbarengan dengan perwakilan Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Keluarga (BPMK) Kota Depok.

“Kami turut prihatin atas kondisi yang menimpa bayi Zaskia, semoga ada upaya keras dari pihak yang berwenang mempertemukan kembali Zaskiya dengan ibu dan keluarganya. Karena setiap anak berhak mendapatkan pengasuhan langsung dari orang tuanya,” ujarnya.

Seperti diketahui sebelumnya, bayi yang bernama lengkap Zaskia Putri Chairunnisa ini ditemukan di dalam tas lengkap dengan perlengkapan bayi dan sudah dibedong kain putih. Bayi yang diperkirakan telah berusia 15 hari itu diduga kuat adalah korban dari orang tua yang tidak bertanggung jawab. Sebab, ditemukan secarik kertas bertuliskan permohonan untuk merawat bayi ini.

“Kasus ekonomi yang melatarbelakangi penelantaran anak perlu disikapi secara bersama,” ujar Ibu Opi, Panggilan dari T.Farida Rachmayanti.

Dia menambahkan, masalah ketahanan keluarga mendesak untuk mendapatkan perhatian, terutama oleh pemerintah. Dengan menghidupkan kembali 8 fungsi keluarga, termasuk fungsi ekonomi.

“Dibutuhkan program konkret yang memiliki pengaruh langsung bagi daya tahan ekonomi keluarga, misalnya pemberdayaan usaha mikro atau peningkatan peran koperasi," tambahnya disela-sela kunjungan di RSUD Kota Depok.

Terakhir, Farida mengapresiasi RUSD Depok yang dalam 3 hari telah menampung dan merawat sementara Zaskiya dan juga Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Keluarga.

“Alhamdulillah, BPMK Kota Depok telah melihat langsung kondisi Zaskiya sebagai upaya awal persiapan assessment orang tua asuh jika Zaskia tidak kembali ke orang tuanya.” tutupnya.

Keterangan Foto: anggota DPRD Kota Depok T. Farida Rachmayanti ketika menjenguk Bayi Zaskia di RSUD berbarengan dengan perwakilan Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Keluarga Kota Depok.