Berita PKS

Kunjungi Kesultanan Ternate, Presiden PKS Sebut Otsus Moloku Kie Raha Perlu Dipertimbangkan

09 Dec 2022 | 18:52 WIB

Share: Facebook Twitter WhatsApp Telegram

thumbnail Presiden PKS Ahmad Syaikhu mengunjungi Kedaton Kesultanan Ternate, Maluku Utara (Donny/PKSFoto)

TERNATE -- Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Ahmad Syaikhu memiliki kesan tersendiri saat mengunjungi kedaton Kesultanan Ternate.

Ia menyebut, penyambutan hangat dan secara kekeluargaan oleh perangkat Kesultanan Ternate, membuat ia sangat berbahagia.

Lebih lanjut, Syaikhu mengatakan, pihaknya mendapatkan aspirasi baru, terkait Moloku Kie Raha menjadi Daerah Otonomi Khusus. Yang mana, hal itu, merupakan keinginan pihak Perangkat Kesultanan.

“Kami dapat aspirasi baru, bagaimana dari kesultanan dapat perhatian khusus dari pemerintah pusat, dalam hal ini, daerah otonomi khusus. Dan itu perlu dipertimbangkan,” ungkapnya, Jumat (9/12/2022).

Sebab, baginya, jika dilihat dari sejarah, Kesultanan Ternate memiliki kontribusi besar kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Sehingga, dengan adanya perhatian khusus tersebut, masyarakat disekitar kesultanan, lebih semangat dan saling mensejahterakan.

“Kesultanan Ternate dari sejarahnya pernah berkontribusi besar kepada NKRI, menyatukan NKRI. Maka, keinginan tersebut perlu dipertimbangkan,” ucapnya.

Selain itu, ia juga memberikan bantuan dana untuk Kesultanan Ternate senilai Rp100 juta. “Rp100 juta itu alakadarnya saja, untuk mensupport kegiatan Kesultanan Ternate,” ujarnya

Untuk diketahui, dalam pertemuan ini Presiden PKS didampingi Ketua DPP PKS Bidang Pembinaan Wilayah Indonesia Timur, DR H. Muhammad Kasuba, MA, Ketua DPW PKS Maluku Utara Is Suaib, dan anggota DPR RI Fraksi PKS Saadiah Uluputty.

Sumber: KALESANG

Berita Terkait