Berita PKS

Ketua PKS Jatim Siapkan Relawan PKS Jatim untuk Bantu Korban Gempa Cianjur

24 Nov 2022 | 09:48 WIB

Share: Facebook Twitter WhatsApp Telegram

thumbnail Ketua DPW PKS Jawa Timur Irwan Setiawan

Surabaya - Arahan Presiden PKS Ahmad Syaikhu agar relawan PKS segera menerjunkan relawannya, juga direspon Ketua DPW PKS Jawa Timur (Jatim) Irwan Setiawan. Ia meminta relawan PKS di Jatim juga bersiap-siap membantu.

Gempa dengan kekuatan 5,6 SR memporak-porandakan Cianjur dan sekitarnya. Lebih dari 250 korban dikabarkan meninggal. BNPB pada Selasa, (22/11/2022) melaporkan sebanyak 268 meninggal akibat gempa Cianjur.

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati menyebut gempa bumi diduga terjadi karena pergerakan sesar Cimandiri. Gempa itu, jelas Dwikorita, berpusat di sekitar Sukabumi-Cianjur. Dia mengatakan gempa itu terjadi akibat patahan geser.

“Merupakan gempa yang diakibatkan patahan geser dengan magnitudo 5,6,” ujarnya.

Sebelumnya, Presiden PKS Ahmad Syaikhu meminta kepada seluruh anggota PKS, khususnya DPW PKS Jawa Barat dan DPD Kabupaten Cianjur agar segera menerjunkan relawannya membantu para korban dan keluarganya yang terdampak Gempa Cianjur.

“Mari kita bersama-sama bahu membahu membantu para korban. Saya sudah menginstruksikan kepada pengurus PKS Jawa Barat dan khususnya PKS Cianjur untuk turun langsung membantu pemerintah daerah dalam upaya membantu masyarakat yang menjadi korban,” ungkap Syaikhu dalam keterangannya, Senin (21/11/2022) siang.

Menanggapi arahan itu, Ketua PKS Jatim Irwan langsung melakukan koordinasi dengan DPW PKS Jawa Barat dan Ketua Bidang Kepanduan DPW PKS Jawa Timur Zainul Arifin untuk mengetahui kondisi terkini di lokasi bencana.

Irwan kemudian meminta agar Bidang Kepanduan menyiapkan relawannya agar bersiap-siap jika sewaktu-waktu dibutuhkan untuk berangkat ke Cianjur untuk menolong korban, bergabung dengan relawan PKS Jawa Barat dan relawan lainnya.

Tak hanya dengan Bidang Kepanduan, Irwan juga langsung melakukan koordinasi dengan bidang lain seperti Bidang Kesejahteraan Sosial (Kesos), Bidang Perempuan dan Ketahanan Keluarga (BPKK), Bidang Humas, dan Bidang Kepemudaan.

“PKS sudah terlatih dengan hal-hal begini. Cepat berkoordinasi jika ada masyarakat yang tertimpa musibah. Mohon doanya, agar upaya kami ini bisa membantu meringankan korban di manapun lokasinya,” harap pria 46 tahun itu

Sebelumnya, Irwan menyebut pernah membantu menurunkan relawan di Kalimantan Selatan yang terkena bencana banjir.

Tak hanya itu, Irwan juga menyampaikan kepada pejabat publik PKS agar turut membantu mendonasikan sebagian hartanya untuk meringankan korban bencana.

“Untuk donasi korban dari para pejabat publik dari PKS seperti anggota DPRD kabupaten/kota, Provinsi dan DPR RI, ini juga biasa kami kumpulkan saat ada bencana yang menimpa masyarakat di seluruh Indonesia,” kata pria yang pernah menjadi anggota DPRD Provinsi Jawa Timur selama 2 periode ini.