Berita PKS

Kang Ecky: Pentingnya Menjaga Budaya Bahasa Daerah

26 Dec 2021 | 21:53 WIB

Share: Facebook Twitter WhatsApp Telegram

thumbnail Ketua DPP PKS Bidang Seni dan Budaya, Ecky Awal Mucharam (Donny/PKSFoto)

Jakarta (26/12) - Ketua DPP PKS Bidang Seni dan Budaya Ecky Awal Mucharam mengatakan dirinya saat ini mengaku sedih karena mulai lunturnya bahasa daerah. Padahal, sebagai rakyat Indonesia sangat penting untuk menjaga kelestarian ratusan bahasa daerah yang ada di Indonesia.

"Saya cukup sedih sebenarnya tahun ini penutur-penutur dari bahasa tertentu khususnya dari Indonesia Timur itu berkurang, bahasa daerah lainnya pun mengalami penurunan. Saya rasa budaya ini khususnya dari konteks bahasa itu juga harus dijaga, tentu dengan koridor Kesatuan Negara Republik Indonesia," kata pria yang akrab disapa kang Ecky itu, dalam Diskusi Catatan Akhir Tahun 2021 DPP PKS, Ahad (26/12/2021).

Dia menambahkan, Pemerintah pusat hingga daerah harus bekerjasama dalam menjaga seni budaya bahasa. "Bahwa konsen ini dari pemerintah, dari pemerintah daerah provinsi, dari kabupaten kota untuk mempertahankan kebhinekaan budaya-budaya lokal, seni budaya lokal itu harus dijaga," ujar anggota DPR RI dari Fraksi PKS ini.

Menurut politisi PKS dari Dapil Jawa Barat III ini, kalau Indonesia memiliki daya tahan seni budaya baik dalam konteks seni dan budaya Indonesia secara keseluruhan maupun dari masing-masing etnik dan daerah, maka bangsa ini akan punya imunitas.

"Karena kita yakin bahwa nilai seni yang di kita dan secara budaya yang berkembang di masyarakat Indonesia tentu akan diwarnai dengan nilai-nilai ruh pancasila, kita tahu pancasila itu merupakan ekstraksi daripada nilai-nilai yang berkembang di tengah-tengah masyarakat," ungkapnya.