Berita PKS

Bersama Kapolda Maluku dan Pangdam XVI Pattimura, Sangkala Bertemu Masyarakat di Pulau Haruku.

30 Sep 2020 | 13:37 WIB

Share: Facebook Twitter WhatsApp Telegram

thumbnail

Ambon --- Wakil Ketua DPRD Provinsi Maluku Abdullah Asis Sangkala bersama Kapolda Maluku Irjen. Pol.Drs. Baharuddin Djafar dan Pangdam XVI Pattimura Mayjen TNI Agus Rohman menghadiri acara "Baku Dapa" masyarakat di pulau Haruku, yang berlangsung di Baileo Aboru Asari Aman Lealohi Samasuru, Selasa (29/09).

Sesampainya di sana Sangkala disambut hangat warga Desa Aboru, dirinya menyampaikan, "Sudah seharusnya sebagai wakil rakyat berdiri di tengah-tengah masyarakat menjadi tanggung jawab moral untuk sampai di masyarakat, yang membutuhkan perhatian, khususnya pembangunan dan pelayanan pemerintah," ujarnya.

Sebagai pengayom masyarakat Kapolda Maluku Irjen. Pol. Drs. Baharuddin Djafar menyampaikan keamanan dan kenyamanan masyarakat di Aboru juga menjadi tanggung jawab TNI, bukan saja itu TNI, yang bertugas di sana diarahkan untuk beribadah di gereja dan membangun kedekatan baik dengan masyarakat.

Sementara itu Pangdam XVI Pattimura Myjen TNI Agus Rohman menyampaikan kedatangan dirinya bersama Kapolda dan Wakil Ketua DPRD Provinsi Maluku dari Fraksi PKS ini, Gubernur dan Walikota di berbagai daerah menjadi wujud masyarakat Maluku mendapatkan rasa aman, nyaman damai dan kesejahteraan yang semakin meningkat.

Sepanjang pertemuan hari itu Sangkala mendapatkan adanya keluhan masyarakat terkait buruknya infrastruktur jalan, rusaknya jalan serta terbatasnya akses untuk daerah lain. Hal itu disampaikan oleh Upu Latu perwakilan raja pulau Haruku Rusdy Marasabessy. Ia meminta agar Sangkala sebagai wakil rakyat asal pemilihan Maluku Tengah dapat melihat, dan membantu kondisi masyarakat di daerahnya.

"Selama 35 Tahun kami melewati jalan rusak, terjal, juram. Jalan menuju pulau Haruku. Banyak putra Haruku selama 35 tahun menjabat sebagai aleg, namun pembangunan dan infrastruktur sangat terbengkalai. Jalan lingkar pulau Haruku menuju desa Aburo saat ini juga sudah rusak," tuturnya.

Hal ini langsung ditanggapi Sangkala, dirinya mengatakan, "Dalam pembahasan anggaran saya menyampaikan ke kepala dinas PU ketika itu masih pak Ismail Usemahu, bahwa untuk jalan perbatasan di Pulau Haruku, diistilah orang kampung bilang jalan "Logah" dari dolo sampe sekarang ini. Dan Alhamdulillah atas kesepakatan kita bersama perjuangan juga oleh kepala dinas PU dan Pak Gubernur dimasukkan dalam alokasi khusus tahun 2020 ini untuk hotmik, dan informasinya mereka sudah kerja, setelah dari sini kami akan melihat langsung proses pengerjaannya," jelas Asis.

Setelah bertemu masyarakat, Sangkala bersama kedua rekannya menyempatkan mengunjungi Telut dan Gereja Bethel yang sudah berusia 112 tahun. Kepada Pangdam XVI Pattimura, Kapolda Maluku, serta pendeta, Sangkala berjanji akan membantu memberikan bantuan perbaikan talut serta bantuan pemenuhan kebutuhan gereja, yang dananya bersumber dari dana-dana pokok pikiran anggota dewan. Masyarakat berharap kesulitan di pulau Haruku bisa menjadi perhatian wakil rakyat asal Fraksi PKS ini.