Berita PKS

Berikan Dampak Besar Pada Sektor Usaha, Kreativitas Berbisnis Penting di Era Pandemi Covid-19

19 Jul 2020 | 12:42 WIB

Share: Facebook Twitter WhatsApp Telegram

thumbnail

Jakarta -- Seorang Social Enterpreneur, Syamsalis menyampaikan bahwa secara bisnis inovasi lahir karena adanya tekanan dalam Seri ke-3 Seminar RKI Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang diselenggarakan lewat daring, Sabtu (18/07/2020).

"Tekanan itu bisa dari macam-macam, ada tekanan dari kebutuhan, ada tekanan dari pemilik modal kalau umpamanya menjalankan modal orang lain, ada tekanan dari kompetitor. Nah ini, tekanan ini melahirkan kreativitas," ujar Syamsalis.

Pada era ini, Syamsalis mengatakan bahwa pandemi Covid-19 merupakan tekanan yang besar sehingga dapat memberikan stimulus berkreasi.

"Tekanan pandemi begitu besar untuk masyarakat, kepada pemerintah, juga kepada kita semua. Harusnya ini menjadi stimulus kita untuk lebih berkreasi untuk melahirkan inovasi-inovasi," terang Syamsalis.

Untuk memulai hal itu, maka langkah awal yang perlu dilakukan adalah melihat kebutuhan masyarakat ditengah pandemi untuk dijadikan peluang inovasi dalam berbisnis.

"Lihat apa kebutuhannya. Apa yang menjadi kebutuhan masyarakat tentu yang pertama ini adalah bahan pangan, kemudian yang kedua adalah kebutuhan akan kesehatan. Jadi ada dua nih yang dibutuhkan dalam masa pandemi, itu adalah makanan yang sehat," ujar dia.

Pemilik gerai Ayam Sabana ini mengerecutkan salah satu contoh yang bisa dilakukan untuk inovasi bisnis, yaitu usaha dengan pemberdayaan ekonomi masyarakat di bidang kuliner yang sesuai dengan protokol kesahatan.

"Nah ini patokan kita, usaha yang bisa kita bangun salah satunya adalah ini. Kita bisa melakukan pemberdayaan ekonomi masyarakat tertentu nanti dengan inovasi ya di bidang kuliner dan inovasi bagaimana menyajikannya sesuai dengan prokol kesehatan," jelas Syamsalis.