Berita PKS

Wakil Ketua DPRD Jateng Asal PKS Ajak Mak-mak Peduli Lingkungan

20 May 2022 | 08:34 WIB

Share: Facebook Twitter WhatsApp Telegram

thumbnail

Wakil Ketua DPRD Jateng Quatly Alkatiri mengadakan pelatihan eco enzym pada Rabu (18/5) di Jetis Sukoharjo.

Acara diselenggarakan kerjasama dengan Rumah Keluarga Indonesia, diikuti oleh ibu-ibu perwakilan dari 12 kecamatan di Kabupaten Sukoharjo. 

"Eco enzym adalah pemanfaatan limbah organik dapur dengan menggunakan teknik fermentasi. Eco enzym memiliki banyak sekali manfaat," jelas Dwi Haryanti selaku narasumber dalam pelatihan kali ini.

Adapun bahan-bahan yang digunakan dalam praktik pembuatan eco enzim tersebut diantaranya adalah sampah organik dari kulit buah dan sayur, gula merah atau molase, dan air. 

Sekilas mengenai eco enzym, dikutip dari Zerowaste.id, eco enzym adalah hasil dari fermentasi limbah dapur organik seperti ampas buah dan sayuran, gula (gula coklat, gula merah atau gula tebu), dan air. Warnanya coklat gelap dan memiliki aroma fermentasi asam manis yang kuat. Cairan yang dihasilkan sangat multiguna dan aplikasinya meliputi rumah tangga, pertanian dan juga peternakan. 

"Untuk menjadikan lingkungan kita bersih dan menjaga bumi kita tetap lestari, tidak cukup pemerintah saja yang bergerak. Namun butuh bantuan dari berbagai pihak, salah satunya dari ibu-ibu rumah tangga," ucap Quatly saat memberikan sambutan di acara pelatihan pembuatan eco enzym. 

Selaku Ketua Rumah Keluarga Indonesia, Sumiyati berharap ilmu dari pelatihan eco enzym bisa berlanjut hingga tingkat RT.

"Semoga ilmu eco enzym bisa getok tular sampai tingkat RT, berawal dari kita sendiri dulu. Karena peduli lingkungan adalah tugas kita bersama. Emak-emak juga bisa menjadi penyelamat Bumi dengan mengamalkan ilmu Eco Enzym ini. Terima kasih untuk bapak Wakil Ketua DPRD yang telah memfasilitasi pelatihan ini," pungkas Sumiyati.


Berita Terkait

kelestarian lingkungan
pks jateng
quatly alkatiri