Berita PKS

Upgrading Bidang Kaderisasi, PKS Ingin Membumikan Pancasila Di Banten

02 Mar 2021 | 11:19 WIB

Share: Facebook Twitter WhatsApp Telegram

thumbnail Upgrading Bidang Kaderisasi PKS Banten

Tangsel – Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Provinsi Banten ingin membumikan nilai-nilai Pancasila di tanah Banten, dengan berkomitmen merancang kurikulum kaderisasi dengan mengakomodir nilai nilai kebangsaan, Pancasila dan UUD 1945.

Demikian dikatakan Ketua Bidang Kaderisasi Dewan Pengurus Wilayah PKS Provinsi Banten, A’la Rotbi. Saat ditemui disela-sela acara upgrading pengurus Bidang Kaderisasi se-Provinsi Banten yang diselenggarakan di Kantor DPD PKS Kota Tangerang Selatan, di Jalan Raya Puspiptek, Setu, pada Sabtu (27/02/2021) siang.

Pria yang akrab disapa Abuya Obi ini mengatakan, pihaknya ingin seluruh kader PKS dibekali dengan ilmu keislaman sekaligus memiliki kompetensi berpolitik dan kebangsaan. Juga memastikan kader-kader PKS menjadi teladan di masyarakat sebelum menjadi pemimpin sesuai level kebermanfaatannya.

"Sehingga dalam kurikulum terbaru ini, Bidang Kaderisasi meramu kurikulum pengkaderan yang memuat nilai-nilai keagamaan, Pancasila, dan kebangsaan,” katanya.

Pria asli Kabupaten Serang ini menjelaskan, dalam Kurikulum Kaderisasi Partai atau biasa disingkat KKP ini terdapat lima bidang studi yakni, bidang studi keagamaan, bidang studi kebangsaan, bidang studi kemasyarakatan, dan bidang studi kepartaian, serta bidang studi kepemimpinan dan kewirausahaan.

“Kami dorong kader-kader PKS untuk aktif terjun ke masyarakat agar menjadi insan yang adil dan beradab sesuai nilai-nilai Pancasila,” jelasnya.

Abuya Obi menambahkan, dalam bidang Kaderisasi ini, kami membentuk tiga klaster keanggotaan partai yaitu, klaster kader pendukung (pemula dan siaga), klaster penggerak muda dan pratama, “Anggota partai yang ingin ikut pembinaan akan diikutkan dalam pengaderan anggota partai politik secara berjenjang dan berkelanjutan.”

Ruhamaben, Sekretaris DPW PKS Provinsi Banten yang hadir dalam kesempatan tersebut menambahkan, kegiatan ini harus bisa memberikan ruh sekaligus upgrading agar bisa menghidangkan berbagai menu pembinaan kader yang sesuai dan kekinian.

“Yaitu bisa mengerakkan kader untuk senantiasa untuk terus melayani dan membela kepentingan rakyat kecil dan lebih massif dalam rekrutmen yang terarah, sehingga seluruh rakyat dapat menikmati pelayanan PKS tanpa memandang agama, suku, dan pilihan politik,” ungkap Ruhamaben.

Acara yang berlansung selama dua hari ini, menghadirkan pemateri dari Bidang Kaderisasi Dewan Perwakilan Pusat, Rahmatsyah. Ia berharap, dalam kegiatan ini bisa memberikan semangat baru dan bukan hanya sekedar pelatihan saja, tetapi bagaimana setiap kader PKS bisa memaksimalkan peran - peran sosial untuk bisa terus memberikan yang terbaik.

serta bagaimana merancang perencanaan, implementasi tugas dan fungsi struktur Bidang Kaderisasi dalam setiap jenjang yang ada di wilayah atau kota/kabupaten tentu dengan penyesuaian zona wilayah masing - masing.

“Pendidikan atau edukasi sangat diperlukan, guna melakukan rekrutmen anggota yang kedepannya bisa kita sinergikan dengan pola pendidikan dan pelantikan anggota yang sudah kita sesuaikan dengan kurikulum kaderisasi di masing-masing wilayah yang sudah kita sepakati,” tutur Rahmatsyah.


Berita Terkait