Berita PKS

Tingkatkan Kapasitas Peran, PKS Kepri Berikan Pendidikan Politik bagi Perempuan

28 Nov 2022 | 13:20 WIB

Share: Facebook Twitter WhatsApp Telegram

thumbnail Para Relawan Perempuan PKS Kepri saat Diklat Pendidikan Politik Perempuan Pemilih (P4) di Batam

Batam -- Partai politik memiliki peran besar dalam meningkatkan partisipasi politik dan memperjuangkan kepentingan politik perempuan. Pendidikan politik perempuan dilakukan untuk memenuhi fungsi, kewajiban, dan tanggung jawab partai politik sesuai dengan undang-undang dan peraturan yang telah ditetapkan.

Untuk tujuan tersebut, DPW Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kepulauan Riau (Kepri) melalui Bidang Perempuan dan Ketahanan Keluarga (BPKK) menggelar Diklat Pendidikan Politik Pemilih Perempuan (P4) di Asrama Haji Batam Center, Ahad (22/11/2022) lalu.

Sekretaris BPKK PKS Kepri, Likhyati mengatakan diklat tersebut untuk memberikan pemahaman yang benar tentang politik dan meningkatkan kapasitas politik bagi perempuan.

"Untuk memberikan pemahaman dan peningkatan kapasitas politik bagi perempuan dengan harapan akan tumbuh kesadaran untuk berupaya dengan rasa percaya diri meningkatkan peran dalam ranah politik," ujar Likhyati.

"Diklat P4 yang dihadiri oleh 200 lebih peserta ini juga bertujuan untuk mencetak relawan-relawan PKS yang menjadi ujung tombak gerak di lapangan," tambah Likhyati.

Ketua DPW PKS Kepri, Ustadz Bahktiar (Usbah), dalam sambutannya juga menyampaikan pesan untuk lebih semangat dalam menyambut kemenangan PKS pada Pemilu 2024.

"Menyongsong kemenangan itu ditandai dengan tiga hal. Adanya kemauan untuk menang, adanya kemampuan bergerak, dan memanfaatkan peluang sekecil apapun," ujar Usbah.

"Saling berkolaborasi dengan  mengembangkan semua potensi Anggota PKS juga hal yang sangat mendukung dalam menyongsong kemenangan." Usbah melanjutkan.

Diklat yang diselenggarakan sehari penuh ini menghadirkan narasumber Legislator Perempuan PKS yaitu Siti Nurlailah dan Ismiyati, juga Sekretaris DPW PKS Kepri Bambang Dipoyono, serta Deputi Peningkatan Kapasitas Anggota Perempuan BPKK PKS Kepri Khusnul Inayati.

Dalam diklat tersebut juga dilakukan penyerahan rompi kepada 10 Relawan Perempuan PKS yang menjadi koordinator di kecamatan-kecamatan di Kota Batam.