Berita PKS

Terkait Koalisi PKS-PKB, Sekjen PKS: Masih Penjajakan dan Butuh Kesamaan 'Chemistry'

14 Jun 2022 | 19:39 WIB

Share: Facebook Twitter WhatsApp Telegram

thumbnail dok: Alris/PKSFoto

Jakarta (14/06) -- Anggota DPR RI sekaligus Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP PKS Aboe Bakar Alhabsyi merespons pemberitaan seputar koalisi antara PKS dan PKB di sejumlah media masa.

Menurut pria yang akrab disapa Habib Aboe ini, koalisi merupakan pencarian jodoh sehingga memerlukan proses.

"Artinya semua proses koalisi belum ada yang pasti, semua penjajakan. Hal ini biasa dalam politik, termasuk juga komunikasi kami dengan PKB. Istilahnya sebelum ada janur melengkung, semua masih bisa terjadi," terang Habib Aboe.

Selanjutnya, imbuh Anggota Komisi III ini, untuk membangun sebuah koalisi memang tidak mudah karena chemistry antar partai harus bertemu.

"Tak hanya itu, kita juga harus memenuhi ambang batas pencalonan presiden atau presidential treshold. Sebagai partai menengah, ini adalah salah satu tantangan buat kami, karena PKB-PKS saja gak cukup, harus cari satu partner lagi," tegas Habib Aboe.

Ketika nanti koalisi tiga parpol itu sudah terbangun, lanjut dia, kita juga harus membangun chemistry dengan pasangan calon Presiden dan Wakil Presiden.

"Tentunya ini masih memerlukan waktu, agar komunikasi dan penjajakan dapat dilakukan lebih baik lagi," tutup Ketua Mahkamah Kehormatan Dewan ini.