Berita PKS

Sosialisasi 4 Pilar MPR di Papua, Syaikhu Tegaskan Pentingnya Bhinneka Tunggal Ika

12 Sep 2021 | 18:37 WIB

Share: Facebook Twitter WhatsApp Telegram

thumbnail Anggota MPR RI Ahmad Syaikhu menggelar Sosialisasi 4 Pilar MPR RI di Jayapura Papua ( M Hilal/PKSFoto)

PAPUA (12/9) -- Anggota MPR RI Ahmad Syaikhu menegaskan pentingnya Bhinneka Tunggal Ika dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Menurutnya, hal ini menjadi tali pengikat yang kuat di tengah keberagaman suku, adat dan agama di Indonesia.

“Bhinneka Tunggal Ika sangat penting. ini semacam tali pengikat bagi negeri kita yang memiliki keragaman adat, suku dan agama,” ujar Syaikhu dalam Sosialisasi 4 Pilar MPR di Jayapura, Papua, Jum’at (10/9).

Syaikhu melanjutkan, Bhinneka Tunggal Ika merupakan semboyan negara kita dan menjadi salah satu Pilar MPR RI. Semboyan ini dimaksudkan agar bangsa Indonesia yang memiliki ragam suku, agama, bahasa, dan adat-istiadat, tetap menjunjung tinggi semangat persatuan dan kesatuan bangsa.

“Bhinneka Tunggal Ika adalah semboyan negara kita sekaligus jadi salah satu Pilar MPR. Dengan semboyan ini, kita harus menjunjung tinggi semangat persatuan,” jelas Presiden PKS ini.

Perbedaan yang ada merupakan karunia dari Allah SWT yang harus senantiasa disyukuri. Berdasarkan perbedaan itulah, bangsa Indonesia dapat belajar untuk saling menghormati suatu perbedaan dan melengkapi kekurangan yang ada pada diri sendiri.

“Perbedaan dan keragaman adalah karunia Allah SWT. Ini harus disyukuri, kita harus saling menghormati,” tegas Syaikhu.

Presiden PKS itu menambahkan, Papua adalah wujud nyata dari implementasi Bhinneka Tunggal Ika. Meski berada di ujung timur Indonesia, namun Papua tetap jadi bagian tak terpisahkan dari NKRI.

“Papua adalah saudara kita. Papua wujud dari semboyan Bhinneka Tunggal Ika yang mempersatukan bangsa,” kata Syaikhu lagi.

Dalam acara itu, hadir pula secara virtual Wakil Ketua MPR RI Hidayat Nur Wahid. Acara ini sendiri dilaksanakan dengan Protokol Kesehatan Covid-19 secara ketat.


Berita Terkait