Berita PKS

Sohibul Paparkan Tiga Tahapan untuk Bangun Ketahanan Pangan Nasional

07 May 2020 | 17:44 WIB

Share: Facebook Twitter WhatsApp Telegram

thumbnail

Jakarta -- Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Mohamad Sohibul Iman memaparkan tentang langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk keberlangsungan ketahanan pangan Nasional.

"Menurut saya goal pertama bagi kita adalah mari mengajak masyarakat untuk lebih akrab terlebih dahulu dengan alam ini. Saya melihat hari ini kelemahan kita adalah bahwa rakyat Indonesia sekarang ini tercerabut dari kedekatannya dengan alam," ungkap sohibul saat menjadi keynote speaker di acara Launching Gerakan Ayo Menanam Bersama PKS, Kamis (07/05/2020).

Lalu yang kedua, lanjut Sohibul, mengajak masyarakat untuk mulai bertanam.

"Disini saya tidak langsung menjadi yang muluk-muluk, langsung jadi sesuatu yang seolah-olah semua kita harus menjadi petani, semua harus menjadi argo industri, tidak. Tetapi menjadikan menanam itu sebuah hobi, habbit serta gaya hidup," ujar Sohibul.

Tahap selanjutnya setelah aktivitas bertanam dapat menjadi hobi dan gaya hidup, diharapkan dengan bercocok tanam dapat menjadi mata pencaharian.

"Mereka menjadi pengusaha-pengusaha di bidang itu, nah ini juga harus kita dorong," ucap Sohibul.

Selain itu, peran pemerintah juga sangat besar dalam menjadi fasilitator rakyat yang tidak sekedar menjadikan bercocok tanam sebagai sebuah hobi, namun juga usaha.

"Bagaimana nanti pemerintah juga bisa memfasilitasi mereka-mereka yang bukan hanya hobi bertanam, tapi mereka juga bisa melangkah menjadikan cocok tanam itu sebagai sebuah bisnis, sebuah usaha," pesan Sohibul.