Berita PKS

Silaturahim Kebangsaan, PKS dan KPUD Kota Tangerang Komitmen Kawal Pemilu Berintegritas

08 Apr 2021 | 10:47 WIB

Share: Facebook Twitter WhatsApp Telegram

thumbnail

Tangerang -- Dewan Pimpinan Tingkat Daerah (DPTD) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kota Tangerang melakukan kunjungan ke Kantor Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) di Jalan Nyi Mas Melati, Selasa (06/04/2021).

Pada kesempatan tersebut Ketua DPD PKS Kota Tangerang Arief Wibowo bersama jajaran diterima langsung oleh Komisaris KPUD Kota Tangerang Ahmad Syailendra dan Sekretaris KPUD Pandu.

Arief menuturkan kedatangannya kali itu adalah rangkaian silaturahim kebangsaan yang bertujuan untuk memperkenalkan jajaran pimpinan DPD PKS Kota Tangerang sekaligus membangun kesepahaman dalam membangun sinergi mengawal proses demokrasi di Kota Tangerang.

"Sesungguhnya PKS dan KPUD adalah mitra strategis untuk mewujudkan Pemilu yang berintegritas, transparan dan manusiawi," ucap Arief.

Lebih jauh Arief mengungkapkan bahwa PKS mendorong terwujudnya normalisasi Pilkada, yakni tetap melaksanakan Pilkada di 2022 dan 2023 serta Pileg dan Pilpres pada tahun 2024 mendatang.

"Hal ini untuk menghindari jadwal Pemilu yang terlalu padat dan kompleks jika dilaksanakan secara serentak di tahun yang sama. Ini berpotensi menimbulkan beban kerja yang berlebihan bagi penyelenggara Pemilu sebagaimana yang terjadi dalam Pemilu 2019," terang Arief.

Selain berpotensi mengabaikan hak masyarakat untuk mendapatkan pemimpin daerah dari proses yang demokratis, lanjut Arief, pelaksanaan pemilihan serentak juga akan membuat proses demokrasi ini menjadi tidak manusiawi bagi penyelenggara.

"Beban kerja yang terlalu berat tersebut bahkan telah merenggut korban jiwa pada momen Pileg 2019. Kejadian tersebut semaksimal mungkin harus dihindari karena secara moril dapat mencederai proses demokrasi itu sendiri," ungkap Arief.

Pada kesempatan yang sama Arief juga menyampaikan bahwa silaturrahim kebangsaan ini juga sekaligus sebagai sarana menyerap aspirasi dari KPUD.

"Sehingga aspirasi yang disampaikan selanjutnya dapat diperjuangkan oleh Fraksi PKS di DPRD Kota Tangerang untuk memberikan daya dukung yang lebih baik bagi KPUD Kota Tangerang dalam melaksanakan tugasnya," ujar dia.