Berita PKS

Ribuan Bantuan untuk Korban Bencana Dititipkan Masyarakat Melalui PKS

04 Mar 2021 | 10:51 WIB

Share: Facebook Twitter WhatsApp Telegram

thumbnail Bantuan warga yang dititipkan ke pengurus DPD PKS Lumajang
Aksi PKS Lumajang untuk meringankan korban bencana banjir dan longsor Lumajang disambut baik oleh warga. Ribuan makanan siap saji, ratusan pakaian layak pakai, dan beragam kebutuhan harian terkumpul dengan sangat cepat. 
Lumajang dilanda musibah banjir dan longsor pada hari ahad (28/2/2021) Hari itu juga relawan PKS berkumpul dan membahas bentuk bantuan apa yang dibutuhkan korban bencana. 
Ketua Bidang Kepanduan dan Olahraga DPD PKS Lumajang, Iswanto mengatakan, relawan PKS yang turun kelapanganan dibagi tugas, "Untuk relawan yang mengevakuasi pun dibagi  lagi menjadi dua karena ada 2 daerah yang terdampak. Satu daerah terendam banjir, satu daerah lagi longsor. Sementara ibu-ibu kebagian tugas memasak di posko. Sebagian relawan juga bagian antar makanan ke tempat bencana," kata Iswanto,
Hingga saat ini, PKS Lumajang terus berupaya  untuk meringankan korban bencana dengan mengumpulkan bantuan untuk disalurkan ke korban terdampak banjir dan longsor. 
Ketua Bidang Perempuan dan Ketahanan Keluarga  (BPKK) DPD PKS Lumajang Rita Lili Rustiana, mengaku terkejut dengan respon masyarakat yang tergerak membantu korban dan mempercayakan untuk menitipkan bantuannya melalui PKS.  
"ini di luar dugaan kami, begitu banyak yang antusias menitipkan bantuanya kepada PKS," katanya. 
Sampai hari Rabu ini, Rita melanjutkan, PKS sudah mendata, sebanyak 4.592 nasi dan 500 makanan ringan untuk korban bencana yang sudah disalurkan ke korban bencana. 
Bantuan itu, Rita menjelaskan, sebagiannya patungan kader PKS, sebagiannya sumbangan masyarakat. Selain makanan siap saji, masyarakat juga banyak menitipkan bantuannya berupa pakaian layak pakai dan kebutuhan keseharian seperti perlengkapan mandi dan cuci. 
"Ada yang dari perseorangan, ada juga yang dari organisasi. Ada juga mengumpulkan bantuan ke kelurahan, lalu dari kelurahan dititipkan ke kami," ujarnya. 
Rita bercerita, tergeraknya masyarakat itu karena para pengurus PKS Lumajang kompak membuat status WA tentang program penanganan bencana PKS Lumajang. "Ada juga yang nge-share program ini ke grup-grup pengajian ibu-ibu, hasilnya luar biasa," kata Rita.
Rita menyampaikan terima kasihnya atas kepedulian masyarakat untuk saling meringankan beban para korban yang dipercayakan kepada PKS. 
Menanggapi hal itu, Ketua DPW PKS Jawa Timur, Irwan Setiawan yang juga mengunjungi korban bencana Lumajang menyampaikan bahwa seperti inilah gambaran dari tagline PKS, Bersama Melayani Rakyat. 
"Karena kami tidak akan mungkin mampu meringankan beban masyarakat, jika tidak bersama-sama. Bersama masyarakat, bersama pemerintah desa maupun kabupaten, atau bersama organisasi lain. Kolaborasi seperti inilah yang terus saya dorong, bekerjasama dengan semua pihak," kata Irwan.