Berita PKS

Psikolog Rahmi Dahnan Bagikan Cara untuk Orangtua Hadapi Tantangan Anak Belajar di Rumah

27 Jul 2020 | 16:30 WIB

Share: Facebook Twitter WhatsApp Telegram

thumbnail

Jakarta -- Berbicara tentang Pelajaran Jarak Jauh (PJJ) yang saat ini sedang diterapkan oleh pelajar hingga mahasiswa selama pandemi Covid-19 tentu banyak sekali persoalan yang harus dikaji dan diperhatikan.

Berbagai dampak dari Covid-19 bisa dirasakan dalam aspek pendidikan selama belajar dari rumah. Seorang Psikolog, Rahmi Dahnan, menuturkan beberapa cara agar orangtua sebagai pembimbing anak-anak selama PJJ ini dapat berperan dengan maksimal.

"Ini menjadi kegiatan baru, sebuah ancaman baru terhadap diri. Oleh karena itu masing-masing tubuh kita memberikan reaksi yang berbeda-beda," ungkap Rahmi dalam seri Webinar RKI dengan tema Tantangan dan Langkah Solutif Belajar Bersama Anak di Rumah, Sabtu (25/07/2020).

Reaksi tersebut salah satunya adalah stress. Namun ketika orangtua dapat mengambil peran dengan baik dan benar, hal ini dapat diminimalisir peluang terjadinya.

"Apa sih yang bisa kita lakukan ketika anak mengalami stress? Kita bisa membicarakan dengan anak apa yang terjadi dan rencana yang akan dilakukan untuk menghadapi setiap perubahan. Lalu juga libatkan anak dalam kegiatan sosial dan olahraga, supaya mereka lebih segar," ucapnya.

Beberapa uraian poin lainnya adalah dengan memberikan izin untuk mengambil kesempatan dimana anak dapat dominan.

"Kekuatan ketahanan jiwa itu berkaitan dengan harga diri atau self esteem. Ketika anak kita harga dirinya tinggi dia akan lebih kuat menghadapi stress," ujar Rahmi.

Selain itu, Rahmi juga mengingatkan agar orangtua mejadi contoh bagi anak-anaknya dalam hal menghadapi stress.

"Kalau orangtuanya panikan, kalau orangtuanya juga stress. Take it easy, keep calm. Kalau kita tenang, kita bisa ambil jalan keluar dengan baik," pesan Rahmi.