Berita PKS

Prioritas Pertama Gubernur Sumbar, Tangani Covid-19 dan Bangkitkan UMKM

26 Feb 2021 | 07:53 WIB

Share: Facebook Twitter WhatsApp Telegram

thumbnail Presiden PKS Ahmad Syaikhu menyambut Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi di kantor DPP PKS, Kamis (25/4) (Donny/PKSFoto)

JAKARTA -- Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Barat terpilih, Mahyeldi dan Audy Joinaldy baru saja resmi dilantik oleh Presiden Joko Widodo untuk masa jabatan 2021-2024. Usai dilantik, keduanya menyatakan akan langsung bekerja untuk masyarakat di Sumatera Barat sebagaimana program 100 hari yang menjadi janji kampanye mereka.

"Insya Allah dalam waktu 100 hari sesuai dengan komitmen ketika kampanye, kami akan melakukan yang pertama sekali, mempersiapkan segera untuk RPJM Provinsi Sumatera Barat 2021-2024," ujar Mahyeldi dalam keterangan pers secara virtual yang ditayangkan di YouTube Sekretariat Presiden Kamis (25/2/2021).

"Kemudian kita prioritaskan bagaimana untuk penanganan Covid-19 dan kemudian selanjutnya penguatan ekonomi masyarakat," lanjut Ketua DPW PKS Sumatera Barat ini.

Program lain yang segera dijalankan yakni penguatan UMKM dan pemberian kemudahan mendapatkan modal usaha bagi 590 UMKM yang ada di Sumatera Barat.

Mahyeldi pun menyebut akan berkonsentrasi mengembangkan kearifan lokal berfalsafahkan "Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah". "Ini adalah agenda kita selanjutnya yang ada kaitannya dengan peningkatan pariwisata dan pendidikan," tutur Mahyeldi.

"Mudah-mudahan dukungan dari Bapak Presiden dan juga jajaran kementerian dan lembaga serta DPRD/DPR RI dan seluruh masyarakat Sumatera Barat bisa membuat visi dan misi kami berjalan sebanyak-banyaknya," tambahnya.

Pada Kamis siang, Presiden Joko Widodo resmi melantik Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Barat, Kepulauan Riau (Kepri) dan Bengkulu di Istana Negara pada Kamis. Para Gubernur dan Wakil Gubernur ini merupakan kepala daerah dan wakil kepala daerah terpilih dalam Pilkada 2020 lalu.


Berita Terkait