Berita PKS

Presiden PKS: Baca Kitab Kuning di Parlemen, Gak Kalah Keren!

23 Dec 2020 | 13:43 WIB

Share: Facebook Twitter WhatsApp Telegram

thumbnail Foto: Hilal/PKSFoto

Jakarta (22/12) — Presiden PKS, Ahmad Syaikhu, menyampaikan apresiasi yang tinggi atas terselenggaranya Lomba Baca Kitab Kuning IV Tingkat Nasional 2020 oleh Fraksi Partai Keadilan Sejahtera Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia, Jakarta, Selasa (22/12/2020).

“Lomba ini merupakan salah satu upaya untuk menjaga literasi keilmuan karena dengan cara tersebutlah kita dapat lebih memahami Islam yang Rahmatanlil’alamiin ini,” ujarnya.

Ia juga menjelaskan mengenai makna “Iqra” yang kaitannya dengan Lomba Baca Kitab Kuning ini, artinya yaitu agar pandai membaca kitab kuning dengan baik serta memahami kajian-kajian Kitab Kuning dengan sempurna sehingga terciptanya pemahamannya yang dalam sehingga dapat ikut berkontribusi mencetak Ulama yang dapat menjaga persatuan ditengah-tengah umat.

“Kitab yang dibaca adalah Kitab Fathul Mu’in yang menjadi salah satu rujukan Kitab di Pesantren-Pesantren,” jelasnya.

Ia juga menambahkan, agar semakin banyaknya Ulama-Ulama yang memiliki pemahaman secara luas dan mendalam agar bisa menjadi titik tolak persatuan umat.

“Semangat dalam menghidupkan suasana literasi dengan khazanah keilmuan Islam yang terselenggara ini, semoga juga akan membawa kejayaan Islam,” ucapnya.

Ia juga menjelaskan, bahwa Fraksi Partai Keadilan Sejahtera telah memunculkan kembali semangat yang telah lama hilang untuk melakukan Lomba Baca Kitab Kuning. Dan kini, menjadi lebih keren karena bukan hanya di Pesantren tetapi juga di Parlemen.