Berita PKS

Presiden PKS Apresiasi Pembentukan Forum Daerah Aliran Sungai DKI Jakarta

25 Jan 2022 | 08:55 WIB

Share: Facebook Twitter WhatsApp Telegram

thumbnail

Jakarta -- Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Ahmad Syaikhu mengapresiasi gagasan terbentuknya Forum Daerah Aliran Sungai (DAS) DKI Jakarta.

"Ide semacam ini menjadi bukti kepedulian masyarakat terhadap lingkungan, khususnya menjaga dan merawat DAS. Ini sebuah hal yang langka di era kekinian," ungkap Syaikhu dalam agenda Pengukuhan Pembina Forum DAS DKI Jakarta, Ahad (23/01/2022).

Syaikhu mengatakan Forum DAS DKI Jakarta hadir di waktu yang tepat.

"Mengingat DKI Jakarta adalah Ibu Kota Negara yang dilalui cukup banyak sungai. Mengalir dari Bogor dan bermuara di Laut Jawa. Jika DAS tidak diperhatikan secara optimal maka potensi ancaman banjir di Jakarta akan semakin mengkhawatirkan," terang Syaikhu.

Syaikhu menekankan soal DAS ini perlu menjadi kepedulian bersama, sebab adalam UU Cipta Kerja No. 11 Tahun 2020 terdapat klausul yang menghilangkan kewajiban pemerintah dalam menetapkan dan mempertahankan luas kawasan hutan minimal 30% dari luas DAS dan atau pulau dengan sebaran yang proporsional.

"Kawasan hutan minimal 30% tersebut untuk optimalisasi manfaat lingkungan, manfaat sosial dan manfaat ekonomi masyarakat setempat.Bisa dibayangkan, penghapusan ini akan membuat persoalan lingkungan di DAS akan semakin rumit. Selain itu potensi ancaman banjir di sepanjang DAS juga semakin tinggi, padahal adanya ketentuan 30% saja permasalahan banjir belum dapat terselesaikan dengan baik," urai Syaikhu.

Syaikhu berharap dengan hadirnya Forum DAS DKI Jakarta ini dapat membantu Pemerintah DKI Jakarta dalam mengatasi persoalan banjir.

"Saya mendukung perjuangan Forum DAS dalam menjaga daerah aliran sungai dengan kolaborasi bersama berbagai pihak dalam membangun kemandirian gerakan dengan menciptakan ruang pendidikan, latihan, dan kerja nyata bagi kelompok yang tergabung dalam forum untuk menciptakan kesinambungan generasi yang peduli terhadap DAS Jakarta," tutur Syaikhu.

Syaikhu menutup sambutannya dengan sebuah pantun,

Tersusun rapi tumpukan batu bata
Kokoh terbentuk menjadi bangunan
Terus mengabdi Forum DAS DKI Jakarta
Merawat sungai, melestarikan lingkungan