Berita PKS

PKS Usulkan 15 Januari Jadi Hari Desa Nasional

15 Jan 2021 | 19:19 WIB

Share: Facebook Twitter WhatsApp Telegram

thumbnail

Jakarta -- Hari ini (15/1/2021) genap 7 tahun sejak disahkannya UU No 6 Tahun 2014 tentang Desa. Sekretaris Bidang Desa DPP PKS Yoandro Edwar mendukung setiap 15 Januari diperingati sebagai Hari Desa Nasional.

Pria yang akrab disapa Mas Iken ini menyebut, adanya tonggak Hari Desa Nasional agar seluruh pihak terus menjadikan desa sebagai pusat pertumbuhan sebuah daerah dan bangsa.

"Jika ada Hari Desa Nasional bisa menjadi pesan khusus bagi pemegang kewenangan untuk selalu ingat pembangunan bangsa tak akan maju jika tidak membangun desa," papar Mas Iken dalam keterangannya di Jakarta, Jumat (15/1/2021).

Mas Iken menegaskan komitmen PKS untuk fokus menjadikan desa sebagai salah satu tulang punggung pembangunan. Komitmen ini diwujudkan dalam pembentukan Bidang Desa dalam struktur DPP PKS Periode 2020-2025.

"PKS secara khusus membentuk Bidang Desa untuk serius menggarap desa sebagai salah satu tulang punggung pembangunan nasional. Struktur PKS yang solid sampai level RT/RW di desa-desa juga meneguhkan bahwa partai ini bukan hanya milik warga perkotaan saja tetapi juga milik wong ndeso," papar dia.

Mas Iken juga mengingatkan, salah satu ruh dalam UU Desa adalah dana desa sebagai hadiah dari negara untuk masyarakat pedesaan.

Ia pun memberikan apresiasi dengan keterbatasan pemasukan negara anggaran untuk Desa pada periode 2021 tidak diturunkan (Rp 72 Triliun).

"Meskipun sempat turun Rp 900 miliar di tahun 2020 karena Covid-19. Oleh karena itu, desa harus bisa memanfaatkan dana desa untuk pengeluaran yang tepat sasaran," tegasnya.