Berita PKS

PKS Lampung Launching SALAM

15 Nov 2022 | 09:35 WIB

Share: Facebook Twitter WhatsApp Telegram

thumbnail PKS Lampung Launching SALAM (Komunitas Sahabat Ayah Lampung)

Bandar Lampung – Momentum peringatan Hari Ayah dimanfaatkan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Lampung untuk melaunching Komunitas Sahabat Ayah Lampung (Salam), Ahad (13/11), di GSG DPTW PKS Lampung. Kegiatan tersebut menghadirkan orangtua anak down syndrom, tunarungu, dan bellspalsy.

Ketua Bidang Perempuan dan Ketahanan Keluarga (BPKK) PKS Lampung Heni Nurmaini menjelaskan bahwa peran ayah dalam ketahanan keluarga sangat penting sekali.

Ada sejumlah peran sebagai ayah untuk menciptakan ketahanan keluarga, diantaranya peran kepemimpinan, keteladanan, pendidikan, pengarahan serta kehadiran. Saat ini, peran itu belum banyak dapat difungsikan oleh figur ayah sehingga masih banyak didapati berbagai permasalahan di keluarga, seperti banyak anak yang tidak dekat dengan ayahnya, banyak anak yang kehilangan figur ayah, banyak ayah yang kehilangan otoritas dalam rumah tangga, dan berbagai permasalahan lainnya.

“Karena itu PKS melalui momentum peringatan hari ini mengajak para ayah di Provinsi Lampung untuk hadir lebih dekat dengan anak-anaknya dan menjalankan perannya sehingga tercipta ketahanan keluarga. Ayah harus hadir, bukan hanya secara fisik, tapi benar-benar hadir menjalankan perannya sebagai pemimpin keluarga,” kata Heni.

Ketua DPW PKS Lampung Ahmad Mufti Salim, dalam sambutannya saat melauching Komunitas Salam mengatakan, PKS hadir bukan hanya dalam urusan politik saja. PKS ingin memberikan bukti kebermanfaatan pada masyarakat bahkan hingga lingkup terkecil yaitu keluarga. DPW PKS bersama Fraksi PKS mengapresiasi untuk para ayah difabel yang sudah ikut berjuang mendampingi tumbuh kembang anak.

“PKS menyadari bahwa di era seperti ini, tugas seorang ayah semakin berat. Di satu sisi dituntut memenuhi kebutuhan hidup keluarga, dan di sisi lainnya dihadapkan dengan kewajiban membimbing, mengarahkan, serta mendidik anak. Maka PKS sangat kagum dan sangat mengapresiasi para ayah yang di antara kesibukannya mencari nafkah masih bisa hadir dan dekat dengan anak-anaknya, terkhususnya anak-anak yag memiliki kebutuhan khusus seperti ini,” tutur Mufti.

Mufti juga berkomitmen bahwa PKS dan Fraksi PKS akan membantu anak-anak yang memiliki kebutuhan khusus. Apalagi jika terkait dengan regulasi. Lembaga atau komunitas yang mewadahi anak-anak berkebutuhan khusus bisa berdialog atau berdiskusi dengan PKS atau Fraksi, untiuk selanjutnya akan diperjuangkan ke pemerintah.