Berita PKS

PKS Jatim Ziarah Makam Syaikhona Kholil, Dukung Penganugerahan Gelar Pahlawan Nasional

06 Apr 2021 | 09:01 WIB

Share: Facebook Twitter WhatsApp Telegram

thumbnail

Bangkalan-- Muhammad Kholil atau terkenal dengan sebutan Syaikhona Kholil merupakan ulama besar yang lahir di Madura, lebih tepatnya di kota Bangkalan. Banyak ulama terkenal berguru kepada beliau, salah satunya adalah pendiri Nahdlatul Ulama KH.Hasyim As’ari.

Selain ketinggian ilmu dan melahirkan ulama yang terkenal, ada hal lain yang akan diperjuangkan oleh PKS, yakni gelar Pahlawan Nasional. Karena bagaimanapun juga jasa beliau melahirkan ulama dan menjadikan murid-murid beliau sebagai pahlawan Nasional. Sudah selayaknya Negara juga memberikan gelar tersebut kepada beliau.

Untuk menguatkan misi PKS ini, Ketua PKS Jatim Irwan Setiawan, bersama ketua BPU Muhammad Aziz, S.Ag bersilaturrahim ke kediaman KH. Toha Cholili, Pengasuh Pondok Pesantren Al-Muntaha Bangkalan. Beliau merupakan keturunan keempat dari silsilah Syaikona Kholil. Kelebihan lainnya beliau sangat faham urutan-urutan silsilah keluarga besar Syaikhona Kholil.

Hadir pula dalam pertemuan tersebut Akhmad Moestamin, SE selaku ketua DPD PKS Bangkalan bersama ketua bidang yang lain.

Pertemuan tersebut berlangsung tenang dan sejuk, dengan seksama sambil mendengarkan ceramah kyai Toha, tentang sejarah dan kiprah Syaikhona Kholil semasa hidupnya dalam berdakwah di Bangkalan dan wilayah lainnya.

Setelah itu kegiatan dilanjutkan ziarah ke makam Syaikhona Kholil, kegiatan doa dipimpin oleh KH. Toha Cholili, kemudian terakhir berziarah ke makam Sultan Raden Abdul Kadirun, dimana posisi makamnya terletak di dekat Masjid Agung Bangkalan.