Berita PKS

Orangtua sebagai Learning Integrator, Ani Khairani: Kesalahan Konsep Hanya Pindahkan Sekolah ke Rumah

27 Jul 2020 | 16:42 WIB

Share: Facebook Twitter WhatsApp Telegram

thumbnail

Istanbul -- Direktur UNIKEDUPLUS Biro Psikolog Pendidikan Ani Khairani mengingatkan agar orangtua terlebih dulu harus mengubah mindset tentang sekolah di masa pandemi saat ini dalam Seri Webinar RKI yang bertema Tantangan dan Langkah Solutif Belajar Bersama Anak di Rumah, Sabtu (25/07/2020).

"Dua bulan awal kita PJJ di Indonesia, semua yang ada di sekolah kita bawa ke rumah. Jadwalnya, seragamnya bahkan kita bahwa ke rumah. Akhirnya, apakah seperti itu sekolah rumah? Apakah seperti itu orangtua sebagai learning integrator? Bukan juga. Ini kesalahan konsep jika kita hanya memindahkan," terang Ani.

Ani mengatakan sebelum memilih pendidikan apa yang cocok untuk anak, sebuah keluarga harus memiliki value yang dijadikan nilai untuk keluarga itu sendiri.

"Setelah kita punya value, baru kita bisa memetakan kemampuan dan bakat anak. Ini perlu kita pahami dari anak kita. Tapi tidak berhenti disitu ya, kenali juga kelemahan anak kita," jelas Ani.

Setelah memahami anak Ani menyampaikan ada beberapa hal yang perlu disusun, yaitu kebutuhan, sumber dan kegiatan.

"Dilihat, hal konkrit apa yang bisa dilakukan dalam mission of life. Misi hidup kita yang kemudian di breakdown, anak kita sebagai apa? dia sebagai keluarga, dia sebagai masyarakat dan dia sebagai umat," tuturnya.


Berita Terkait

ani khairani
corona virus
covid-19
ketahanan keluarga
pjj
rki