Berita PKS

Malaysia Dapat Kuota Haji Tambahan, PKS Minta Jokowi Say Hello ke Raja Salman

16 Mar 2021 | 10:14 WIB

Share: Facebook Twitter WhatsApp Telegram

thumbnail

JAKARTA -- Anggota Komisi Agama DPR dari Fraksi PKS, Bukhori Yusuf, menyarankan agar Presiden Joko Widodo atau Jokowi berkomunikasi dengan Raja Salman Bin Abdulaziz terkait kepastian pemberangkatan calon jemaah haji Indonesia.

“Saya sarankan Pak Jokowi segera say hello sama Raja Salman. Saya kira akan clear. Bagaimana say hello-nya mungkin ada tata caranya,” kata Bukhori dalam rapat kerja dengan pemerintah, Senin, 15 Maret 2021.

Bukhori mengatakan, baru-baru ini ia mendapat kabar bahwa Kerajaan Arab Saudi memberi tambahan kuota haji kepada Malaysia. “Malaysia mendapat tambahan kuota, sementara Indoneisa kepastian belum jelas,” katanya.

Menurut dia, masyarakat kini sedang resah menanti kepastian pemberangkatan haji. Karena itu, ia menyarankan agar Jokowi menyapa Raja Salman. “Karena yang menetapkan bukan menteri terkait pelaksanaan atau tidak, tapi adalah raja,” ujar dia.

Kerajaan Arab Saudi sebelumnya memberi tambahan kuota haji 10 ribu untuk Malaysia. Kesepakatan ini dicapai setelah Perdana Menteri Muhyiddin Yassin bertemu Putra Mahkota Saudi Mohammed bin Salman.

Namun penambahan kuota haji ini baru berlaku setelah Covid-19 terkendali dan prosesi haji memungkinkan untuk dilakukan. Saat ini kuota haji untuk Malaysia sebanyak 31 ribu jemaah.

"Ini kabar baik. Satu-satunya hal adalah mengetahui kapan kuota penuh (untuk jemaah Malaysia) akan diberikan oleh Arab Saudi, tidak hanya untuk Malaysia tetapi juga untuk negara lain," kata Muhyiddin Yassin dikutip dari New Straits Times, Kamis, 11 Maret 2021.

Sumber: Tempo.co