Berita PKS

Legislator PKS Dorong Penguatan dan Pemulihan Ekonomi Daerah Pasca Pandemi

09 Dec 2021 | 05:58 WIB

Share: Facebook Twitter WhatsApp Telegram

thumbnail

Surabaya -- Anggota DPRD Fraksi Partai Keadilan Sejahtera Kota Ambon Yusuf Wally menyampaikan perlu adanya upaya pemulihan ekonomi.

"Walau economic shock yang disebabkan oleh pandemi Covid-19 berangsur mereda seiring stabilnya pasar dan menggeliatnya beberapa sektor perekonomian, akan tetapi mengingat sifatnya yang memukul baik sisi penawaran maupun permintaan dari perekonomian. upaya pemulihan masih memerlukan lebih banyak waktu," papar Wally saat Rapat Kerja Teknis (Rakernis) III Asosiasi DPRD Kota Seluruh Indonesia di Hotel Wyndham, Surabaya, Selasa (07/12/2021).

Wally menekankan new normal merupakan sebuah kesempatan untuk melakukan penguatan ekonomi asalkan diiringi penyusunan prioritas yang transparan serta koordinasi dan sinkronisasi kebijakan yang tepat.

"Di satu sisi, tuntutan untuk memulai kembali berbagai aktivitas sosial dan ekonomi semakin menguat ditandai dengan dilonggarkannya pembatasan sosial di daerah. Di sisi lain, infrastruktur kesehatan publik yang ada masih belum memadai. Dengan berbagai keterbatasan ini, new normal menjadi suatu keharusan," ujar Wally.

Wally melanjutkan DPRD dapat berperan dalam pemulihan ekonomi pasca pandemi baik secara internal maupun eksternal.

"Secara internal di DPRD dalam pemulihan ekonomi pasca pandemi dapat dilakukan dengan upaya peningkatan kapasitas SDM DPRD, meningkatkan inisiatif, dan pengawasan. Secara eksternal perlu pelibatan pelaku usaha, akademik, dan CSO secara intensif, digitalisasi pada proses penyerapan aspirasi publik, dan penguatan sinergitas eksekutif legislatif," jelas Wally.

Terakhir Wally mengungkapkan kunci pemulihan ekonomi ada pada pengembangan ekonomi digital dan tata kelolanya.

"Pengembangan ekonomi digital dan tata kelola digital menjadi kunci dalam mendukung upaya peningkatan ekonomi sehingga peran DPRD dalam peningkatan ekonomi pasca pandemi dapat terealisasi," tutup Wally.