Berita PKS

Legislator PKS Dorong Pemerataan Kualitas Pendidikan di Jateng

18 May 2022 | 10:34 WIB

Share: Facebook Twitter WhatsApp Telegram

thumbnail

Anggota Komisi E DPRD Jawa Tengah F-PKS Ida Nurul Farida menghimbau dinas pendidikan untuk melakukan pemerataan pendidikan dengan melakukan penyebaran tenaga pendidikan, dan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas serta pemerataan fasilitas pendidikan di Jawa Tengah. Hal itu disampaikannya dalam serap aspirasi bersama warga dukuh, kecandran, dan kalicacing, kecamatan sidomukti, Kota Salatiga, Senin (16/5/2022).

Ida menanggapi aspirasi dari Bapak Mamduh, salah satu warga yang meminta pengawasan ketat terhadap sistem zonasi pendidikan, karena dikhawatirkan dapat melemahkan sistem pendidikan di Indonesia khususnya provinsi Jawa tengah.

"Bu Ida, sistem zonasi sekolah ini harus diawasi dengan baik, karena dikhawatirkan malah menurunkan kualitas pendidikan dari sekolah," Ujarnya. "Sekolah yang biasanya dari sekolah favorit dan mencetak murid berkualitas, karena pemerataan harus meningkat bersama jangan sampai malah turun kualitasnya," Tambahnya.

Menanggapi hal tersbut Ida menyebutkan bahwa tujuan dari penerapan sistem zonasi ini adalah untuk pemerataan kualitas pendidikan serta memberikan kesempatan yang sama kepada semua siswa untuk mendapatkan tenaga serta fasilitas pendidikan yang baik.

"Sebetulnya tujuan dari sistem zonasi ini baik, yaitu pemerataan kualitas pendidikan dan mengikis ketimpangan kualitas antar sekolah," Ujar Ida.
"Kami tentunya menghimbau dinas pendidikan untuk selalu berupaya melakukan pemerataan kualitas pendidikan di Jawa tengah, Dan tugas kami di komisi E adalah mengawasi agar tujuan tersebut dapat tercapai" pungkasnya.