Berita PKS

Kunker Ke PLN UP 3 Masohi, Uluputy Dorong Percepatan Pemerataan Layanan Listrik di Pulau Seram

25 Feb 2021 | 13:26 WIB

Share: Facebook Twitter WhatsApp Telegram

thumbnail Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI Fraksi PKS Dapil Maluku, Saadiah Uluputty, ST didampingi oleh Anggota DPRD Maluku Tengah, sambangi kantor PLN UP3 Masohi

Masohi-- Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI Fraksi PKS Dapil Maluku, Saadiah Uluputty, ST didampingi oleh Anggota DPRD Maluku Tengah, sambangi kantor PLN UP3 Masohi, Rabu (24/02/2021).

Kunjungan ini bertujuan untuk mengonfirmasi  keluhan masyarakat terkait pemadaman, elektrifikasi, maupun masalah lainnya, dan persoalan ketersediaan infrastruktur jalur pelayanan di  daerah jajaran UP3 Masohi.

Hal itu sebelumnya, telah disampaikan bahwa ada terdapat kendala teknis, dan gangguan, disebabkan faktor cuaca dan pohon tumbang.

“Jadi, masyarakat juga perlu bekerjasama dan membantu pemerintah guna menjaga jarak tanaman/pohon dengan jaringan PLN, yang menjadi keluhan PLN serta masyarakat, dan ini tanggungjawab kita bersama,” Ujar Uluputty.

Hal senada juga disampaikan Anggota DPRD Maluku tengah Fraksi PKS Arman Mualo, bahwa menurut keterangan dari masyarakat, pasca penyambungan daya dari Masohi, banyak mengakibatkan terjadinya pemadaman.

“Sebab ini keberlangsungannya sangat lama, jadi nantinya ada Perda, yang mengatur tentang cara penanaman pohon oleh masyarakat, supaya ada aturan atau regulasi yang mudah dipahami masyarakat dalam menjaga jalur kabel,” Pungkas Mualo.

Sementara itu, pada persoalan kekurangan mesin, dalam beberapa tahun ini belum ada pengadaan mesin baru oleh pemerintah, sehingga informasi ini menjadi catatan untuk diperjuangkan dalam rangka untuk offerhold atau perawatan mesin hidup juga bisa teratasi.

Maka dalam mendorong infrastruktur dasar yang memang menjadi kebutuhan masyarakat selain energi, kata Uluputty, akan diupayakan juga untuk mendorong laju ekonomi pembangunan di Maluku, juga mendapat program strategis nasional baik itu blok masela kemudian juga di lumbung ikan nasional.

“Beberapa kali kunjungan dari pemerintah pusat kemarin di kota Ambon, dan juga Maluku Tengah, serta sekitar pulau Seram, akan dijadikan sebagai daerah terintegrasi, sehingga nantinya persoalan kelistrikan sudah tidak menjadi masalah,” Ungkap Uluputty.

Pada beberapa COD, lanjut Srikandi Maluku ini, pemerintah dalam hal ini menteri ESDM telah menyampaikan planningnya, soal bagaimana listrik di Maluku dalam hal ini UP3 Masohi, ternyata telah membawahi 18 sistem, sehingga kita perlu mendorong agar semua itu bisa selesai dan masyarakat bisa menikmati listrik dengan baik.


Berita Terkait