Berita PKS

HNW Yakin Pancasila Jadi Ideologi yang Mengokohkan Bangsa Indonesia

26 Nov 2020 | 10:21 WIB

Share: Facebook Twitter WhatsApp Telegram

thumbnail

Jakarta -- Keberagaman latar belakang warga Indonesia adalah historical yang menjadi kekuatan dalam hidup bernegara.

Menurut Wakil Ketua MPR RI Hidayat Nur Wahid hal itu dapat dilihat dari sejarah Indonesia yang bisa menghadirkan pancasila menjadi suatu ideologi kokoh walaupun gagasan itu hadir dari berbagai macam latar belakang warga Indonesia.

"Seperti yang dicontohkan founding fathers kita. Kita lihat bagaimana Bhineka Tunggal Ika itu hadir begitu indah. Keragaman ini suatu historical yang menghadirkan sebuah kerjasama dan seklaigus tanggung jawab bersama untuk mempersiapkan landasan yang sangat kokoh dan kuat (pancasila)," ucap Hidayat dalam Seri Webinar 4 yang bertema Menjaga Pancasila dalam Kehidupan Berbangsa dan Bernegara, Rabu (25/11/2020).

Pancasila telah melampaui dan bertemu dengan begitu banyak dinamika, lanjut dia.

"Kita alhamdulillah tetap eksis sebagai bangsa bersatu padu. Tidak pecah, tidak hancur lebur, tidak berantakan. Padahal kita negara kepulauan dengan segala permasalahannya, dan kita tetap satu," terang pria yang biasa disapa HNW itu.

HNW mengatakan karena ideologi ini hadir dan bertumbuh kembang dari warga Indonesia sendiri sehingga perbedaan yang ada tidak menjadi faktor konflik melainkan menjadi faktor mozaik yang saling menguatkan.

"Insya Allah dengan pancasila ini dan dengan kesadaran sejarah semacam ini dimana keragaman adalah bukan faktor konflik melainkan faktor mozaik yang bisa menghadirkan keindahan yang luar biasa. Dan mudah-mudahan akan menghadirkan pijakan yang sangat kuat dan warisan yang kokoh," ujar HNW.