Berita PKS

Hari Bumi, BPKK DPW PKS Sumbar Bagi Bibit Gratis untuk Wanita Tani

23 Apr 2021 | 08:41 WIB

Share: Facebook Twitter WhatsApp Telegram

thumbnail

PADANG -- Dalam rangka memperingati Hari Bumi, Bidang Perempuan dan Ketahanan Keluarga (BPKK) DPW PKS Sumbar memberikan bibit gratis untuk tiga Kelompok Wanita Tani (KWT) di daerah Padang Sarai, Kecatan Koto Tangah pada Kamis, (22/4/2021).

Acara ini dihadiri oleh RT setempat, pimpinan KWT, dan 60 orang anggota KWT. Dari BPKK DPW PKS Sumbar hadir Ketua Bidang Tasnidar, S. Pt. Sekbid Yanti Rahim, S. Sos. Deputi Ketahanan Keluarga, Meivolinda, S. Ag. Dari deputi kajian Elfitri Thamrin, S. Si.

Tema Hari Bumi Sedunia 2021 Adalah "Restore Our Earth" atau Pulihkan Bumi Kita. Acara diadakan di ruang pertemuan Komplek Mega Permai. Dibuka dengan kata sambutan dari masing-masing ketua KWT.

Ketua KWT Empang Manggarai Armi mengatakan, bahwa KWT di daerah perkotaan berbeda di daerah pedesaan yang tanahnya sempit.

"Kalau KWT di kabupaten lain yang diukur berapa hektar lahannya dan komuniti. Kalau di lahan sempit lebih untuk ketahan pangan," ujar dia.

Ketua KWT Mega Permai Hilda berharap agar PKS bisa membuka jalan bagi kami untuk mendapatkan bantuan dari pemerintah, karena KWT ini baru dibentuk.

Ketua BPKK DPW PKS Sumbar Tasnidar mengucapkan terimakasih atas sambutan dan antusias anggota KWT untuk acara ini. "Daerah Padang Sarai dipilih, sebagai launching acara pemberian bibit gratis untuk 19 daerah kota dan kabupaten di Sumbar."

Acara pemberian bibit gratis ini juga termasuk dalam rangkaian acara Hari Kartini 2021. Yang bertema: "Dengan semangat Ramadhan, Perempuan Bergiat, Lingkungan Sehat, Ekonomi Kuat.

"Diharapkan masing-masing rumah tangga memiliki ketahanan pangan di saat pendemi. Dimana kebutuhan sayur, buah dan bumbu dapur sudah terpenuhi dari halaman sendiri," sebut Tasnidar.

Pada acara ini BPKK DPW PKS Sumbar juga memperkenalkan kegiatan Rumah Keluarga Indonesia yang dikelola PKS. Salah satu kegiatan kegiatannya adalah meningkatkan ekonomi keluarga dan Layanan konsultasi keluarga. Membantu dan membina KWT adalah salah satu program peningkatan ekonomi keluarga. Kalau anggota keluarga memiliki masalah, PKS juga membuka layanan konsultasi keluarga.

Acara di tutup dengan simbolis serah terima 60 batang bibit jeruk purut untuk seluruh anggota KWT. Bibit mangga dan pokat masing-masing lahan KWT. Dan pemberian paket perbukaan.