Berita PKS

Hari Bhayangkara ke 74, Momentum di Masa Pandemi Wujudkan Polisi Profesional yang Melayani

01 Jul 2020 | 15:44 WIB

Share: Facebook Twitter WhatsApp Telegram

thumbnail

Jakarta (01/07) -- Anggota DPR RI dari Fraksi PKS, Adang Daradjatun mengucapkan selamat Hari Bhayangkara 1 Juli 2020 kepada pimpinan dan segenap anggota Kepolisian Republik Indonesia.

Adang berharap semoga institusi Polri kedepan semakin professional dan mampu melayani masyarakat dengan maksimal.

“Kami mengucapkan selamat ulang tahun yang ke 74 semoga kedepan Kepolisian Negara Republik Indonesia semakin professional di dalam memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat, serta dalam menegakkan hukum!” ujar Adang Daradjatun di Jakarta, Rabu (01/07).

Adang Wakil Kepala Kepolisian Indonesia tahun 2004 – 2006 ini mengutarakan bahwa di masa pandemi Covid-19 ini, Polri berperan dalam mendisiplinkan masyarakat, terutama untuk mematuhi PSBB dan protokol kesehatan yang telah disiapkan oleh pemerintah. Usaha mereka patut diapresiasi

“Apresiasi untuk Polri dan jajarannya. Tanpa ada pihak kepolisian mustahil kita bisa melaksanakan itu, peran mereka begitu sentral,” ujar Adang Daradjatun.

Adang juga melihat bahwa penanganan Polri dalam pandemi Covid-19 juga tidak bertindak represif, tetapi lebih mengedepankan pendekatan pengayoman. Akibatnya, upaya-upaya pemerintah dalam mencegah penyebaran ini tidak menimbulkan gejolak sosial yang begitu besar.

Namun, di sisi lain, kinerja Polri juga perlu terus diperbaiki dan ditingkatkan. Khususnya terkait ada sejumlah laporan dari masyarakat sipil yang mana kritik dan kebebasan mereka di represi, terutama oleh oknum jajaran polisi sendiri. Menurut Adang, hal ini akan mencoreng nama institusi kepolisian terutama dalam menjaga nilai-nilai demokrasi.

“Saya yakin bahwa Polri dan mayoritas jajarannya masih berpegang teguh pada nilai-nilai demokrasi. Namun, Polri harus membenahi oknum jajaran mereka agar tidak mencoreng nama baik institusi kepolisian,” ujar Adang.

Terakhir, Adang berharap agar Polri terus meningkatkan kualitas pelayanan dan profesionalitasnya.

“Semoga Polri meningkatkan profesionalitasnya terutama dalam memberikan pengayoman, perlindungan dan pelayanan kepada masyarakat. Dirgahayu Kepolisian Negara Republik Indonesia!” pungkas Adang.