Berita PKS

Gelar Sekolah Kepemimpinan, PKS Papua Tanamkan Tiga Pilar Kepemimpinan

25 Oct 2021 | 14:03 WIB

Share: Facebook Twitter WhatsApp Telegram

thumbnail

Jayapura -- Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPW) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Papua Suherman menyampaikan tiga pilar kepemimpinan dalam agenda Sekolah Kepemimpinan Partai di Hotel Horison Ultima, Entrop Jayapura, Rabu (20/10/2021).

"Ada tiga pilar yang ingin dibentuk pada setiap kader PKS agar mengampu kepemimpinan baik di tataran daerah sampai nasional sebagai modal yang akan digunakan," ucap Suherman.

Pertama, lanjut Suherman, pemimpin harus mempunyai kredibilitas dimana dalam hal ini mereka harus menjadi pemimpin yang dapat dipercaya dan dapat diandalkan.

"Kredibiltas ini memiliki tiga ruang lingkup, yakni kredibilas moral, kerdibilitas konstitusi dan kredibilitas sosial. Dengan kredibilats sosial ia mampu membangun komunikasi dengan rakyat, kehadirannya di tengah-tengah rakyat menjadi inspirasi dan solusi atau disebut dengan pemimpin yang dekat dengan masyarakat," jelas Suherman.

Suherman menambahkan pilar kedua adalah pilar kapasitas.

"Seorang pemimpin wajib memiliki kapasitas, yaitu kemampuan untuk meralisasikan visi, misi, program, dan kebijakan sebagai seorang pemimpin," tegas Suherman.

Poin ketiga adalah akseptabilitas, imbuh Suherman.

"Harapannya calon pemimpin PKS mampu diterima secara luas di semua level sehingga PKS tidak hanya terkenal tetapi juga dipilih. Penerimaan secara publik dan dipilih oleh publik," ujar dia.

Suherman mengingatkan ketiga pilar tersebut tidak akan tercapai tanpa adanya motivasi dari diri sendiri dan lingkungan.

"Harapannya dengan adanya pembekalan ini para peserta dapat menjadi pribadi yang bertanggungjawab dan membawa nilai-nilai kebaikan di masyarakat," harap Suherman.