Berita PKS

Gelar Screening Donor Plasma Konvalesen, PKS Jatim Ajak Semua Unsur Melawan Covid 19

05 Mar 2021 | 16:24 WIB

Share: Facebook Twitter WhatsApp Telegram

thumbnail

Satu tahun pandemi Covid 19 di Indonesia, semua pihak diharapkan untuk melakukan sinergi dan kolaborasi melawan wabah tersebut, tak terkecuali DPW PKS Jawa Timur, yang menggelar Screening Donor Plasma Konvalesen, Jum'at (5/3/2021) di kantor DPW PKS Jatim.

Ketua DPW PKS Jawa Timur, Irwan Setiawan, menyampaikan bahwa ini merupakan bentuk kepedulian PKS Jatim untuk melawan pandemic Covid-19. Ia meyampaikan bahwa upaya melawan Covid -19 tidak bisa hanya dilakukan satu unsur, yaitu pemerintah. Unsur-unsur yang lain pun harus juga terlibat dalam upaya memperbaiki kondisi bangsa ini.

Irwan kemudian menyampaikan bahwa setahun lalu, rilis tanggal 15 Maret 2020, ada 9 orang tercatat positif
Covid 19 di Jatim. Hari ini, setahun kemudian, ada 131.046 orang yang positif. “Dari 131 ribuan di Jatim itu, sekitar 118.075 ribu dinyatakan sembuh, 3103 orang dirawat. Sebanyak 9238 yang wafat, 3 di antaranya jajaran pengurus DPW PKS Jatim,” kata Irwan.

“Sebagai partai politik, PKS merupakan salah satu unsur dalam masyarakat yang harus berperan. Sejak di awal pandemi tahun lalu, kami sudah membentuk tim khusus tanggap bencana covid -19 yang melibatkan banyak bidang. Agar bisa menangani masyarakat secara menyeluruh,” kata Irwan.

Bidang-bidang yang terlibat, imbuh Irwan, mulai Bidang Kesejahteraan Sosial (Kesos) yang dikomandani para dokter di dalamnya, Bidang Perempuan dan Ketahanan Keluarga (BPKK), bidang Hubungan masyarakat, hingga Bidang Pemberdayaan Jaringan Usaha dan Ekonomi (BPJE) yang dikhususkan membantu masyarakat yang terdampak pandemi Covid 19 di bidang ekonomi, yang ditugaskan menguatkan para UMKM yang terdampak pandemi.

“Jadi dengan dukungan semua bidang itu, support kami kepada masyarakat yang terkena dampak Covid-19 ini penuh, mulai mitigasi, edukasi, penanganan Kesehatan hingga support di bidang ekonomi. Ini bagian dari darma bhakti PKS kepada bangsa dan negara ini agar mampu melawan Covid 19,” katanya

Termasuk kegiatan Screening Donor Plasma Konvalesen ini, Irwan menjelaskan, merupakan salah satu upaya PKS untuk berkontribusi ke masyarakat. Ia menganggap kegiatan ini sangat dibutuhkan masyarakat.

“Kita tentu sering mendengar, atau dapat pesan berantai ada keluarga, saudara atau kenalan yang membutuhkan donor plasma. Di rumah sakit juga demikian, kebutuhan plasma ini sangat semakin hari semakin banyak kebutuhannya. Saya juga dapat kabar, ada anggota PKS dari Trenggalek berburu plasma sampai ke Sidoarjo,” katanya menjelaskan pentingnya plasma ini bagi masyarakat.

Irwan kemudian menyampaikan terima kasih sebesar-besarnya kepada para tenaga Kesehatan yang rela berjuang, berjibaku melawan virus ini. Ia kemudian juga mengajak seluruh unsur masyarakat untuk bersama-sama bersinergi dan kolaborasi melawan Covid-19. Selepas ini, DPW PKS Jatim akan menggelar gerakan Vaksinasi.

 Ketua Bidang Kesejahteraan dan Sosial DPW PKS Jawa Timur, dr. Jojok Santoso, Sp.PD, Finasim, dalam sambutannya menjelaskan bahwa plasma adalah komponen darah, di dalamnya ada antibodi yang diharapkan bisa melawan Virus Covid-19.

“Allah memberi kemampuan manusia untuk melawan virus. Hanya saja, kemampuan masing-masing berbeda. Ada yang tanpa bantuan medis sudah bisa sehat dengan sendirinya, ada yang yang herbal, ada yang butuh disupport dengan plasma. Karena itulah kegiatan ini dilakukan,” katanya.

Sementara itu, Zainuddin, salah satu peserta menyampaikan bahwa keikutsertaannya untuk screening donor plasma merupakan wujud syukur karena sudah bisa sembuh dari Covid-19 yang pernah dideritanya.

“Saya meyakini, sembuh dari Covid-19 merupakan kesempatan hidup kedua yang diberikan Allah kepada saya. Saat sakit, saya merasakan sulitnya bernafas yang luar biasa hingga butuh bantuan oksigen dan alat,” katanya.

Selain itu, ia menambahkan, bahwa sebagai pengurus kampung, ia berharap bisa memberi contoh kepada masyarakatnya agar juga turut menyumbangkan plasmanya untuk orang lain. “Saya sudah oto selfie dan saya kirim ke grup RW, agar bisa diketahui yang lain. Mudah-mudahan yang lain juga termotivasi,” kata Ketua RW 3 Kelurahan Keputran Surabaya, Zainuddin. {}