Berita PKS

Gelar Pendidikan Anggota, PKS Jatim Kokohkan Dua Komitmen

25 Nov 2021 | 10:17 WIB

Share: Facebook Twitter WhatsApp Telegram

thumbnail

SURABAYA (21/11) Dewan Pengurus Wilayah Partai Keadilan Sejahtera (DPW PKS) Jawa Timur pada Sabtu lalu (19/11/2021) menyelenggarakan Pendidikan Anggota Pratama dan sehari kemudian melaksanakan Pendidikan Anggota Madya. 

Kedua acara tersebut dilakukan secara hybrid (online dan offline) dengan peserta dari 38 kabupaten/kota se-Jawa Timur. Para peserta berkumpul di Kantor Dewan Pengurus Daerah (DPD) PKS kabupaten/kota masing-masing, dan terhubung secara online melalui video conference yang berpusat di Kantor DPW PKS Jatim.

Ketua DPW PKS Jatim hadir dan memberikan sambutan secara online dari Kabupaten Madiun, di tengah Turba ke beberapa DPD PKS di Madiun dan sekitarnya. 

Dalam sambutannya, Irwan menyampaikan pesan tentang pentingnya para anggota PKS mengokohkan dua komitmen. "Pertama adalah komitmen terhadap konsensus dasar kebangsaan. Yang kedua, komitmen anggota terhadap partai," ujarnya.

Komitmen terhadap konsensus dasar kebangsaan, lanjut Irwan, adalah komitmen terhadap 4 Pilar kebangsaan. Yakni Pancasila, UUD NRI Tahun 1945, Bhinneka Tunggal Ika, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). "Dalam Pendidikan hari ini saudara-saudara akan memperdalam hal ini. Sebab PKS adalah Partai dengan Visi Kebangsaan yang jelas. Visi Partai adalah menjadi partai pelopor dalam mewujudkan cita-cita nasional bangsa Indonesia sebagaimana dimaksud dalam Pembukaan UUD NRI Tahun 1945. Visi ini jelas termaktub dalam Anggaran Dasar PKS Bab II Pasal 6. Anggota Partai harus memahami dan menjadi pelopor bagi terwujudnya cita-cita nasional bangsa Indonesia," jelas Irwan.

Yang kedua, urai Irwan, adalah komitmen terhadap partai. "Setiap anggota diberikan karunia oleh Allah SWT dengan berbagai kelebihan. Kelebihan inilah yang harus diberikan kepada partai sebagai sumbangsih bagi kejayaan partai. Sebab jayanya partai akan membawa kepada kejayaan negara. Jangan ragu-ragu berkontribusi. Jer basuki mawa bea. Setiap perjuangan memerlukan pengorbanan. Agama bahkan menyuruh kita untuk berjuang bi amwalikum wa anfusikum. Dengan segenap harta dan jiwa raga. Mari kita luruskan niat agar setiap pengorbanan kita adalah lillahi ta'ala. Sebab yang kita perjuangkan adalah Misi PKS yakni terwujudnya masyarakat madani yang adil, sejahtera, dan bermartabat dalam keutuhan NKRI, sebagaimana disebutkan dalam Anggaran Dasar Bab II, Pasal 7," terang Irwan.

Dihubungi usai memberikan sambutan, Irwan menyampaikan bahwa PKS Jawa Timur secara berkala menyelenggarakan Pembinaan, Pelatihan, dan Pendidikan secara berjenjang sesuai dengan Amanat Undang-undang (UU) Partai Politik, khususnya UU Nomor 2 Tahun 2011. "Disebutkan dengan jelas pada Pasal 34 ayat 3b butir C bahwa Pengaderan Anggota Partai Politik secara berjenjang dan berkelanjutan," kata Anggota DPRD Provinsi Jatim dua periode ini.

Oleh karena itu, PKS telah menyusun dan melaksanakan Kurikulum Kaderisasi Partai (KKP) yang di dalamnya terdapat berbagai Bidang Studi. "Antara lain Bidang Studi Kebangsaan, Bidang Studi Kemasyarakatan, dan Bidang Studi Kepartaian yang hari ini disampaikan kepada para peserta," imbuh Irwan.

Acara pendidikan diikuti oleh anggota dari berbagai kabupaten/ kota di Jawa Timur. 

 "Semoga usai acara ini saudara-saudara dapat lebih responsif dan proaktif dalam melayani rakyat Jawa Timur, sebagai wujud nyata komitmen kebangsaan dan komitmen kepartaian," harap Irwan ketika menutup sambutannya.