Berita PKS

Dapat Penghargaan dari Kemenkes, Kader Lingkungan: PKS Bantu Kami Banyak

24 Mar 2021 | 14:24 WIB

Share: Facebook Twitter WhatsApp Telegram

thumbnail
Bukan lagi menjadi kampung biasa. Semenjak RT 4 RW 1 Kelurahan Tanjung, Malang mendapatkan penghargaan Sanotasi Total Berbasis Masyarakat (STMB) Award dari Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. Kader lingkungan Kelurahan Tanjung Sekar, Yeni Purwati, mengaku dukungan PKS sangat berpengaruh atas perkembangan kampung yang diberi nama Kampung Sensasi itu.
Karenanya, dalam jadwal roadshow Ketua DPW PKS Jawa Timur, Irwan Setiawan, mengagendakan untuk berkunjung di kampung ini pada Senin (22/3).
“Bukan banyak tapi buanyak sekali dukungan PKS pada kami. Bantuan bermula dari caleg PKS. Setelah jadi anggota dewan, aleg PKS semakin memperhatikan kami,” jelas Yeni. Selain bantuan dana, ia menjelaskan, ada bantuan pelatihan-pelatihan yang dibuat oleh PKS. 
Ia juga menyampaikan bahwa berbagai aspirasi masyarakat sangat didengar oleh PKS. “Pak Trio dan Pak Fuad itu kalo ke sini, sudah seperti pulang ke rumahnya, sangking seringnya,” katanya sambil menoleh ke anggota DPRD Kota Malang dari PKS, Trio Agus Purwono dan Ahmad Fuad Rahman.
Yeni melanjutkan, bahwa seringkali masyarakat butuh menyampaikan aspirasi. “Seringkali aspirasi ya tinggal aspirasi, tapi alhamdulillah melalui PKS ini perlahan-lahan tapi pasti. Teman-teman PKS menepati apa yang dijanjikan. Yang lebih penting lagi, PKS selalu memberi kami dan selalu ada di saat yang kami butuhkan,” kata Yeni mantap.
Tidak hanya aspirasi yang didengar, Yeni menyampaikan bahwa bantuan PKS total, mulai dari bantuan dana melalui anggota DPRD untuk dipakai dalam melaksanakan program-program, koordinasi dengan anggota masyarakat hingga menggelar berbagai pelatihan.
“Tak hanya itu, semua kader PKS mulai dari DPD, DPC hingga DPRa juga terlibat, juga program Rumah Keluarga Indonesia yang menguatkan keluarga-keluarga kami, lengkap lah,” kata Yeni. 
Selain itu, Yeni mengatakan dukungan PKS dari berbagai levelnya menjadi dorongan dan motivasi sendiri untuk kader lingkungan dan masyarakat dana mewujudkan lingkungan yang bersih. 
Dalam kesempatan itu, Irwan Setiawan, mengapresiasi pengurus dan anggota PKS yang sudah mengaplikasikan amanat DPP PKS untuk terus melayani dan membela rakyat. “Ini sudah default PKS, di tempat mana pun in syaa Allah kader dan pengurus PKS akan gerak cepat pada persoalan masyarakat,” kata Irwan.
Kampung Sensasi, Yeni menjelaskan kepanjangan dari kampung sehat nyaman sanitasi artinya sehat lahir batin dan lingkungan. Kampung ini mengelola sanitasi berbasis masyarakat, yang mengelola limbah menjadi barang-barang lain yang bisa dimanfaatkan dan dijual seperti pot, tempat lampu, asbak, dan hiasan-hiasan lainnya.
Yeni awalnya prihatin dengan kondisi lingkungannya. Kampungnya bersebelahan dengan sungai. Saat itu masyarakatnya belum tergerak untuk menjaga lingkungan. “Dulu masyarakat banyak yang membuang limbah rumah tangga, di sungai. Saya sedih kalo melihat ada banyak pampers dibuang di sungai. Padahal sungai ini juga dipakai untuk mencuci macam-macam,” katanya prihatin.
Kemudian Yeni bersama masyarakat lain berkoordinasi untuk mencarikan solusi permasalahan. Koordinasi itu kemudian diwujudkan melalui berbagai upaya untuk mendorong masyarakat untuk peduli lingkungan bersih. Seperti sosislisasi yang dilakukan secara terus menerus, pelatihan kader, hingga keterlibatan tokoh yang ada.
Terpilihnya kelurahan ini dalam STMB Award ini, imbuh Yeni, karena keinginan masyarakat sendiri yang ingin merubah perilaku hidup mereka untuk lebih sehat, sekaligus menghasilkan nilai ekonomi dari daur ulang sampah. Sehingga, proses dalam mengedukasi masyarakat tidak terlalu sulit.