Berita PKS

Ciptakan Sistem Inovasi Nasional, PKS: Perlu Ada Transformasi Basis Ekonomi SDA

25 Nov 2020 | 07:07 WIB

Share: Facebook Twitter WhatsApp Telegram

thumbnail

Jakarta -- Wakil Ketua Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) DPR RI Mulyanto menyampaikan untuk mencapai peran pemerintah sebagai wadah sistem inovasi nasional harus ada dorongan untuk mentransformasi basis ekonomi saat ini, Selasa (24/11/2020).

"Kita semua harus mendorong transformasi ekonomi dari kondisi ekonomi berbasis sumber daya alam dimana ekspor kita didominasi oleh sumber daya alam primer ke arah ekonomi sumber daya alam dan inovasi. Jadi sumber daya alamnya sudah diolah oleh SDM unggul," jelas Mulyanto.

Dengan ini maka perlu adanya pergeseran dari hanya mengandalkan SDA menjadi pembangunan SDM unggul, lanjut dia.

"Kita bangun iklim inovasinya sehingga betul-betul ekonomi kita berbasis pada sumber daya manusia yang unggul," jelas dia.

Menurut Mulyanto selain tranformasi basis ekonomi, hal krusial lain dalam pembangunan IPTEK dan industri adalah tranformasi struktural aktor riset Indonesia yang memang masih bermasalah.

Saat ini 80% anggaran riset masih didominasi oleh pemerintah dan 20% oleh swasta. Sedangkan di negara maju sebaliknya.

"Kita harus bisa mentransformasikan dari peran pemerintah yang 80% menjadi peran swasta yang 80%. Maka kita dorong peran swasta betul-betul menjadi core, agar swastalah yang mengembangkan inovasi di Indonesia karena swasta yang paling tau dunia bisnis ini," ucap dia.

Terakhir, lanjut dia, tranformasi kultural masyarakat agar mau mendukung transformasi budaya.

"Menurut PKS budaya yang penting adalah sekarang ini masyarakat senang membeli dan bangga dengan produk bermerk. Ini harus dialihkan, diganti menjadi budaya mau membuat, budaya mau memproduksi, budaya mencintai produk dala negeri. Bukan sekedar mencintai produk bermerk buatan asing," ujar Mulyanto.


Berita Terkait