Berita PKS

Buka Final Lomba Baca Kitab Kuning, Presiden PKS : Hidupkan Literasi Generasi Gemilang

09 Dec 2021 | 06:01 WIB

Share: Facebook Twitter WhatsApp Telegram

thumbnail

Jakarta -- Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Ahmad Syaikhu menyampaikan apresiasi atas keberlangsungan dari lomba Baca Kitab Kuning (LBKK) guna membangun budaya literasi di negeri ini.

Syaikhu menyampaikan hal tersebut dalam acara Babak Final Lomba Baca Kitab Kuning tingkat nasional 2021 yang diadakan melalui aplikasi Zoom pada Rabu (08/12/2021).

Di Era saat ini, Perkembangan literasi semakin lengkap dan sempurna, hal tersebut turut serta didukung oleh adanya upaya membangun budaya literasi sebagai bentuk kemajuan di negeri ini.

“Lomba Baca Kitab Kuning sebagai wadah untuk memberikan motivasi kepada generasi muda guna menghidupkan tradisi literasi,” ujar Anggota Komisi 1 tersebut.

Selanjutnya beliau menyampaikan untuk menyongsong Indonesia yang lebih baik maka perlu adanya gebrakan yang tidak hanya mendorong rasa cinta tanah air akan tetapi juga mempelajari Islam dengan baik dan mendalam.

“Lomba Baca Kitab Kuning hadir sebagai bentuk upaya untuk mencetak ulama dan santri yang berwawasan luas,” ungkap Anggota DPR Dapil Jabar tersebut.

Selanjutnya Lomba Baca Kitab Kuning sebagai perwujudan dari peran santri yang akan mewarnai negeri melalui nilai keislaman yang sifatnya Rahmatan Lil Alamin.

“Di negeri ini, kita membutuhkan ulama yang memiliki sifat negarawan, dan juga membutuhkan negarawan yang memiliki sifat keulamaan," jelas Ahmad Syaikhu

Tidak Hanya itu, melalui LBKK, masyarakat akan memahami bahwasanya banyak manfaat yang didapat mengingat terdapat kesulitan dalam membaca dan memahami kitab fiqih klasik tersebut.

“Totalitas yang diberikan dalam lomba baca kitab kuning merupakan bentuk perjuangan kita berjuang di jalan Allah SWT, sebab kita harus belajar Islam dengan baik dan mendalam,” tutupnya.