Berita PKS

BKSAP: Perlu Kerjasama Internasional Tangani Pandemik Covid-19

06 May 2020 | 15:30 WIB

Share: Facebook Twitter WhatsApp Telegram

thumbnail

Jakarta – Wakil Ketua BKSAP DPR RI, Mardani Ali Sera mengatakan perlunya kerjasama Internasional menanggulangi pandemi Corona Virus Disease 2019 atau COVID-2019 terutama bidang kesehatan dalam Forum Asia-Pacific Parlementarian Forum on Global Health (APPFGHG) secara daring pada, Senin (04/05/2020).

“Saya mengusulkan perlunya kerjasama multirateral sekala besar menangangi pandemik global untuk penurunkan penyebaran dan mempercepat pemulihan dampak COVID-19, ” kata Mardani, Senin (04/05).

Hal ini dikatakan, Anggota Komisi II DPR perlunya saling semua negara yang tergabung dalam APPF bahu-membahu untuk menyelesaikan penyebaran virus yang sudah mewabah hampir di 200 negara di dunia, “Masalah ini tidak akan bisa selesai dengan masing-masing negara saja. Semua harus bekerjasama untuk kebaikan bersama,” ungkap Mardani.

Selain itu, Ketua DPP PKS itu juga mengusulkan kerjasama antar perlemen ini juga tidak boleh hanya berhenti di forum APPF saja, “BKSAP mendorong perlunya kerjasama di forum-forum global lain seperti GOPAC, IPU, PUIC dan forum internasional lain yang di ikuti Indonesia,” ujar Mardani.

Dalam kesempatan itu, Mardani mengatakan Parlemen Indonesia akan terus mendorong usulan ini agar menjadi aksi nyata secara global menangani pandemi, “Kita perlu memperkuat kerjasama kesehatan sehingga ada hasil yang lebih efektif dan efisien dan bisa jadi contoh kerjasama yang baik menghadapi kemungkinan menghadapi jenis pandemik lain yang lebih kataspropik dan besar,” pungkasnya.

Sebagai informasi Peserta dari Frorum APPF on Global Health ini dihadiri oleh beberapa perwakilan dari parlemen negara yang tergabung, sementara dari WHO hadir, Darryl Barrett WHO Australia, Kat Fajardo, Ki-Hyun Hahm, Li Mun Ham sementara dari Indonesia hadir Fadli Zon, Putu Rudana.