Berita PKS

Banjir Terjang Samarinda Jelang Lebaran, PKS Turunkan 50 Relawan Per Hari

28 May 2020 | 15:38 WIB

Share: Facebook Twitter WhatsApp Telegram

thumbnail

Samarinda -- DPD Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menurunkan sejumlah relawan untuk menyalurkan bantuan ke masyarakat korban banjir Samarinda, Kalimantan Timur, Rabu (27/05/2020).

"Sejak hari pertama itu, BKO yang memulai dibantu dengan beberapa unsur DPD dan DPW. Kita jam 10 pagi setelah silaturahim dengan keluarga langsung mengunjungi warga terdampak. Setiap hari kita jadwalkan 3 DPC turun ditambah DPC yang terdampak, jadi tiap DPC mengirim 10, rata-rata 50 orang yang turun," jelas Ketua DPD PKS Kota Samarinda Dimyati Mustofa.

Dimyati mengaku sejak hari puasa terakhir DPD PKS sudah mendapatkan info bahwa kondisi air di bendungan Samarinda naik dan saat itu langsung melakukan koordinasi.

"Kita langsung koordinasi antar DPD dengan DPC ditambah BKO di dalamnya. Ketika kita melihat kondisi air seperti itu malam lebaran pun kita sudah saling komunikasi terlebih antara DPD dengan DPC terdampak dalam hal ini Kecamatan Samarinda Utara," ungkap Dimyati.

Beberapa bantuan yang sudah disalurkan oleh PKS diantaranya makanan siap saji, mie instan, pampers dan kebutuhan-kebutuhan wanita.

"Untuk sementara kami memang belum menyiapkan obat-obatan. Ada permintaan obat yang saat ini belum kita penuhi. Masih berkoordinasi dengan teman-teman yang ada di bidang kesehatan," terang Dimyati.

Relawan PKS Abdul Rohim turut menyusuri daerah banjir Samarinda yang belum terjamah bantuan sejak hari pertama di bagian tepi Sungai Mahakam.

"Banyak warga yang masih belum tersentuh bantuan, itu kenapa kemudian dari teman-teman PKS hari ini berinisiatif untuk menyusuri sungai Karang Mungus," jelas Rohim.

Beberapa warga mengaku pada Rohim bahwa hari itu pertama kalinya bantuan datang pada mereka. Rohim menuturkan hal tersebut karena sulitnya akses yang ditempuh untuk sampai ke daerah tepi sungai.

"Akses jalan sementara tenggelam oleh banjir. Banyak relawan yang ikut turun membantu, hanya saja ada beberapa titik yang belum bisa diakses secara maksimal oleh para relawan karena tempatnya jauh, beresiko, dan sebagainya. Insya Allah ini hari kelima PKS turun, karena kami turun dari hari pertama banjir," tutur Rohim.

Relawan-relawan yang memberikan bantuan, lanjut Rohim, dari jalan utama biasanya sebagian bantuan sudah habis sebelum sampai pada titik di bagian tepi Sungai Mahakam ini.

Dalam penyusuran tersebut ikut turun beberapa pimpinan PKS Kota Samarinda seperti Ketua DPD Kota Samarinda Dimyati Mustofa, Wakil Ketua DPRD Kota Samarinda Subandi, Sekretaris Fraksi PKS DPRD Kota Samarinda Samri Shaputra serta perwakilan dari DPW Kalimantan Timur Abdullah Hapsarani.

Selain menyusur beberapa daerah untuk menyalurkan bantuan, DPD PKS Kota Samarinda juga mendirikan dapur umum dan posko tanggap bencana banjir di Jl. M Yamin, Gn. Kelua, Kecamatan Samarinda Ulu.