Berita PKS

Banjir Setinggi Lutut di Tulungagung, Relawan PKS Gerak Cepat Koordinasi dengan BPBD

03 Oct 2022 | 16:22 WIB

Share: Facebook Twitter WhatsApp Telegram

thumbnail

TULUNGAGUNG- Curah hujan yang tinggi di Tulungagung membuat beberapa kecamatan terendam banjir. Ahad, 2 Oktober 2022, Relawan PKS turun membantu warga. 

Ketua Bidang Kepanduan (Bipandu) DPW PKS Jatim Zainul Arifin melaporkan banjir yang menggenang hingga setinggi lutut orang dewasa. 

Titik banjir ada di Dusun Gambiran dan Dusun Besole Kecamatan Besuki Tulungagung. Sementara beberapa daerah juga terpantau longsor yang mengakibatkan kampung nelayan Popoh dan Sidem terisolasi. 

"Relawan PKS dibantu masyarakat mendirikan dapur umum di tempat itu, membantu masyarakat yang terdampak karena terisolir," ujarnya melaporkan.

Ia kemudian menjelaskan kronologi kejadiannya. Banjir di Tulungagung, terjadi karena curah hujan yang tinggi. 

"Hujan deras mulai turun sejak Sabtu, 1 Oktober 2022 pukul 17.00 hingga 24.00 WIB. Hingga saat ini terpantau, banjir tertinggu setinggi lutut," katanya. 

Zainul kemudian mendapatkan laporan dari Relawan PKS yang ada di Tulungagung dan segera berkoordinasi untuk menentukan bantuan mendesak apa yang harus segera diberikan. 

"Saat ini kebutuhan yang diperlukan masyarakat adalah pompa air, alat pembersih lantai, timba, sembako dan makanan siap saji," katanya. 

 Zainul melaporkan ada sekitar 30 relawan yang telah diterjunkan oleh DPD PKS Kabupaten Tulungagung untuk membantu warga terdampak. 

"Sejumlah 30 relawan itu di bagi tugas ke 2 titik yang terdampak. Relawan ibu-ibu juga turun untuk membuat dapur umum menyediakan makanan siap saji untuk warga. Sebagiannya membantu bersih-bersih rumah warga dari lumpur," ujar Zainul yang juga Ketua Divisi Kedaruratan dan Relawan Gugus Tugas Kebencanaan PKS Jatim.

Gerak cepat relawan PKS ini diapresiasi Ketua DPW PKS Irwan Setiawan. Menurutnya, ini bagian dari perwujudan visi PKS sebagai partai Islam rahmatal lil alamin yang kokoh dan terdepan dalam melayani rakyat dan NKRI. 

"Inilah yang seharusnya dilakukan relawan PKS kepada rakyat yang membutuhkan. Terima kasih gercepnya para relawan. Saya mendapat laporan dari Ketua Bidang Kepanduan DPW PKS Jatim, Zainul Arifin dan juga dari Ketua DPD PKS Tulungagung, Reno Mardi atas aksi siaga bencana yang sudah dilaksanakan" ujarnya. 

Ia mengapresiasi DPD PKS Kabupaten Tulungagung yang dengan sigap mengordinasi para relawan agar bisa cepat turun membantu warga. 

"Selanjutnya, kami minta agar DPD PKS Kabupaten Tulungagung melakukan kolaborasi dengan stake holder terkait seperti BPBD, camat dan kepala desa di lokasi terdampak. Bismillah semoga bisa meringankan beban masyarakat dan pemerintah," harapnya.


Berita Terkait